Aviophobia

Phobia adalah suatu ketakutan dengan intensitas berlebihan karena faktor tertentu, seperti trauma masa lalu, maupun pengalaman-pengalaman yang tidak menyenangkan. Phobia dapat dialami siapapun. Terdapat bermacam-macam jenis phobia, salah satunya adalah aviophobia, yaitu ketakutan ketika berada di dalam pesawat terbang. Seseorang dikatakan mengidap aviophobia berdasarkan intensitas waktu panik saat melakukan penerbangan. Jika rasa panik seseorang hilang kurang lebih selama 10 menit, itu tandanya orang tersebut hanya panik biasa sehingga tidak dikaregorikan sebagai aviophobia. Sebaliknya, jika ketakutan tadi terus berlanjut hingga lebih dari 10 menit, dapat dikatakan bahwa orang tersebut mengidap aviophobia.

Entah sejak kapan phobia ini menyergap saya. Setelah muncul ketiba-tibaan lain yang saya alami seperti : phobia melahirkan, ketinggian, cucunguk dan serangga lainnya, darah dan jarum suntik,.. phobia jatuh cinta (ahey!) …dst…(dan mudah2an gak nambah lagi).

Cerita sedikit tentang Phobia melahirkan, yang datang ketika teman dan Kaka kelas terbaik di Biologi, Retna, meninggal setelah melahirkan anak keduanya di RS tempat saya melahirkan anak pertama dan kedua. Tiba-tiba jadi parno RS tersebut, dan ketika menjelang kelahiran anak ketiga didera ketakutan yang parah pada pendarahan dan apapun setelah melahirkan. Akhirnya saya pindah ke RS swasta yang besar ( yang saya pikir lebih mumpuni mengatasi kasus2 pasca melahirkan yg sulit) dan rutin mengikuti hypnobirth-ing (isinya tiduran sambil mendengarkan musik selama sejam penuh, gak tau ngefek apa engga ya), dan tentu saja ikutan senam hamil. Alhamdulillah lahiran anak ketiga saya lancar , atas izin Allah, walaupun penuh kecemasan, dan yaa pastinya, saya parno kalau disuruh hamil lagi (dan juga parno pake KB IUD yang bobol!).

Plane phobia? sebenernya saya pertama naik pesawat udaah lama jugaa… Pas  SD kelas 3 dengan rute Bandung-Jakarta.  Inget bangett waktu itu diinstruksikan pasang seatbelt untuk take-off, lalu dibagiin roti-roti mungil dan jus sama pramugari cantik, dan gak lama udah pengumuman landing untuk pasang seatbelt lagi..bentar banget😂. Trus kelas 5 SD nya diajakin umroh, dan selama 8 jam-an sukses tidur lelap di pesawat.

Nah, kalau gak salah semenjak punya anak (dan banyak dosaa?) mendadak takut terbang. Gejalanya : H-1 terbang diare mendadak. Setelah check in : sakit perut, deg-deg-an, pernah sampai mencret bolak balik WC bandara (atulaahhh). Di atas pesawat : mual, gak selera makan, cemas berlebih, selalu liatin jam, liatin jendela, mondar mandir WC, baca Qur’an berulang-ulang, dzikir, dan bernazar sangat banyaak (trus udah nyampe darat lupa aja nazar nya apa aja, Ya ALLAH maapin essaaa!!😅).

Penyebab lain dari paranoid berlebih ketika terbang ini (kayaknya) akibat menonton film yang jaman SMP booming : final destination. Disitu diceritakan si Devon sawa (yg masih unyu) gak jadi naik pesawat, dan ternyata pesawat  itu meledak pas take off. Kepikiran bahwa pesawat kalau meledak, udah gak bersisa apa-apa, mayatnya gak bisa dikubur, dan lain-lain (huhuuuu). Trus nambah lagi nonton dan baca kejadian-kejadian nyata pesawat jatuh (katanya takut tapi penasaran aja diulik kenapa jatuhnya ), sampai demen nongkroning air crash investigation nya Nat geo channel 😂😂.
Dan lagi, ya mungkin faktor U yah. Makin menua makin parno, karena tahu banyak dosa (hiks hiks), dan blum siapa aja gitu ninggalin anak-anak.

Walaupun sebenernya fakta menyebutkan kecelakaan di darat jauh lebih banyaak, dan pesawat tuh moda transportasi paling safety.. tetep aja nih si parno menyergap. Sewaktu umroh 2009, saya minum antimo sampe 2 biji pas nunggu take-off. Di ruang tunggu udah kriyep-kriyep ngantuuk, tapi pas udah di atas, MELEK sempurna! udah mencoba menghipnotis diri sendiri : ayo tidur… ayo tidur…. , tapi cuman bisa merem doang. Turbulence dikit aja udah langsung shock! Mantau maps, udah dimana nih? kalau goyang-goyangnya di atas laut langsung kepikiran : gimana kalau jatuh disini? kayaknya gak akan ketemu dan langsung dimakan hiu (naudzubilla Ya Rabb!). ah pokonya susah banget menghalau si negatif-negatif itu. Jadi, bayangkanlah… CGK-Jeddah  8 jam dan CGK-Narita 7 jam gak bisa tidur sama sekali, merem doang pun aku tak sanggupp…. nyampe darat barulah tepaarr…!

mungkinkah, phobia ini akan hilang jika saya rutin naik pesawat? (Sebulan sekali gt? Liburan sebulan sekali? Boleh lah asal gratis😂).

Mudah-mudahan Allah menyembuhkan. Aaamiinn…

ing

ingatlah kalau mau ke tempat2 yang kau pengen, menujunya kudu naek pesawaatt!!! sebab kalau naik becak moal nepi nepiiii

Advertisements

you’re in a fantasy

 

Suka atau tidak suka, memilih dengan sadar ataupun tidak, kita bisa melukai atau menjadi yang terluka. Dan dalam kehidupan ini, semuanya berputar. saya gak percaya adanya karma, saya hanya percaya kalau kita berlaku baik, maka kebaikan itu akan kembali pada kita, sedangkan kalau kita berperilaku buruk, cukuplah menjadi dosa kita, dan kedepannya biarlah Allah yang menentukan, karena  kesalahan seberat gunung pun bisa hilang dengan ampunan-Nya.

” a guy and a girl can be just friends, but at one point or another, they will fall for each other. Maybe temporarily, maybe at the wrong time, maybe too late or maybe forever” – 500 days of Summer

Terkadang kita menemukan orang yang benar-benar tepat untuk kehidupan kita, orang yang selalu membuat nyaman, orang yang buat kita jadi diri sendiri dan apa adanya, orang tepat untuk berbagi berbagai hal mulai dari yang penting ataupun tidak penting, tempat berbagi suka duka dan meminta pendapat, dan orang yang membuat ketergantungan lalu selalu dirindukan bila berjauhan, tapi orang tsb tidak ditakdirkan untuk kita miliki. Karena bukankah untuk menjadi bahagia, tidak harus dengan memiliki, seperti matahari yang selalu membuat hati hangat walaupun ia milik semua orang?

Dan belajar tentang kehilangan, bahwa tidak ada yang benar-benar kita miliki selain diri kita dan kenangan. Untuk apa menghilangkan kenangan yang terindah sekalipun seperti dalam film “ Eternal Sunshine on the spotless mind” ? Bukankah kita detik ini terlahir dari rangkaian kenangan di masa lalu, dan bukankah dengan kenangan, kita dapat mensyukuri bahwa masih ada hal manis yang bisa diulang meskipun hanya dalam ingatan? dan bukankah mendoakan adalah salah  cara terbaik untuk menghargai kenangan bersama orang yang kita sayangi?

You know what sucks? realising everything you believe in is complete and utter bullshit.- 500 days of Summer

Dan jika kenyataan tak seindah harapan, mungkin memang seharusnya seperti itu. Jika doa yang kita panjatkan tidak berbuah nyata, mungkin memang itulah yang terindah, atau mungkin juga akan disimpankan untuk momen yang lebih baik. Kita tidak akan pernah tahu masa depan seperti apa, yang bisa kita tahu kita punya mimpi, dan perlu terus mengayuhnya agar dapat terwujud.

Karena suatu saat, semua nya akan dapat kita maknai.

Dan setiap kejadian di hidup ini indah.

Jika tidak, rubahlah cara pandangnya. 


January 2018

Essa

 

ketika beban hidup hanya dicuekin kecengan

 

Menemukan poto dengan title : Geng-gong di suatu CD bermerek Jonas, dan entahlah atas alasan apa kita waktu itu sebagian cecebi (cewe-cewe biologi) poto bareng. Paling engga karena zaman itu, grouping poto di Jonas Banda adalah sesuatu gaya hidup yang lumrah dilakukan minimal 6 bulan sekali, entah itu poto kelas, poto ekskul, poto angkatan,dsb.

Kurang inget ini poto diambil pas tahun keberapa, yang jelas saat itu saya masih begajulan (emang sekarang engga?) gak jelas, dan hyperaktif dalam mengarungi dunia kampus. Dan masih punya moto hidup : life is easy. Gak pernah mikirin tugas dan mata kuliah, karena yang penting : udahlah, ntar juga  lulus. Lebih banyak ngabisin waktu di luar rumah daripada di rumah, dan kayaknya lebih interest ngerjain kerjaan himpunan dan unit dibanding dengerin dosen atau praktikum di Lab. Tomboy luar biasa dan 98% kapasitas otak dipakai buat menyelami musik dan lagu daripada buku kuliah, hahahaa!

Alhamdulillah pas jaman kuliah ini dikaruniai temen-temen se-gang yang luar biasa baik (nama geng nya Gayung, kita ber7), yang walaupun saya masuk list daftar mahasiswa Biologi angkatan 2004 yang paling gak bener tapi mereka mau menerima saya apa adanya, terutama suka ngingetin saya buat belajar kalau mau UAS, hihihi. Entahlah, apa dulu karena saya merasa salah masuk jurusan, atau karena emang lagi labil tingkat tinggi, setahun pertama di ITB saya hampir di-DO karena nilainya kurang. Sempet 2 bulan gak kuliah karena ngerasa gak guna lagi lanjutin, tapi alhamdulillah dapet lagi pencerahan buat balik dan naikin nilai 😀

Yayaya saya ngerasa saat itu masalah kehidupan cuman segelintir (dibandingin skarang sih yah :p). Masih banyak hura-hura, makan-makan, keketawaan. Paling sedih ya pas mau di DO dan dicuekin kecengan, tapi beneran rasanya seperti dunia mau kiamat, hahaha. Dan entah kenapa, mungkin karena karakter bawaan, dan saya selalu membutuhkan kehura-huraan itu dalam hidup, sampai sekarang. Bener deh kata literatur kalau ENFP itu easily bored, lively, excitable dan freespirited.

Mengingat teman-teman cecebi yang ada di poto ini… alhamdulillah, masih suka sering ketemu beberapa, dan alhamdulillah semua udah married dan mostly have kids kecuali 1 orang aja nih, si neng cantik pramugari arliend, mudah-mudahan segera ketemu jodohnya, aamiin!

-.-.-.-.-.-.-.-.-.-.–.-.-.-

Welcome 13th

WhatsApp Image 2017-12-18 at 17.06.59

Maybe this 31 bday not the best day of this year, but i will apreciate and be blessed.

Semoga sisa usia saya selalu berada dalam kebahagiaan, ketenangan. Semoga saya bisa terus berusaha menggapai kebahagiaan untuk hidup saya sendiri, karena tidak ada kebahagiaan yang turun dari langit.

Semoga saya bisa lebih tenang, lebih bijak, lebih sabar menghadapi berbagai kerikil kehidupan. Semoga dada saya bisa lebih lapang dan hati lebih ikhlas menghadapi kejadian yang bergulir kemudian.

Semoga saya bisa selalu semangat dan fokus dalam mencapai cita-cita di dunia dan akhirat. Semoga selalu bisa bermanfaat bagi orang lain.

Aaamiiin..


15dec 2017 

doel & zuran at kiddy smile cut

IMG_20140920_105307 IMG_20140920_105312 IMG_20140920_105408 IMG_20140920_105422 IMG_20140920_105829 IMG_20140920_105836 IMG_20140920_111555 IMG_20140920_112005 IMG_20140920_112008 IMG_20140920_112010

 

setelah berbulan bulan berambut gondrong, yang mana kakanya (doel) rambutnya kriting gimbal dan adiknya (zuran) tampak tipis dan lembut kayak sunsilk, akhirnya suatu weekend kita mendatangi tempat cukur anak isitimewah di bandung.. namanya kiddy smile (bener gak yah? agak2 lupa nama benernya apah ) di mol Paris Van Java (PVJ) Bandung.

stimulus yang paling naclep untuk meniatkan anak2 cukur sebenernya adalah komen guru2 di skolah doel.. “Doel… itu rambut meni gila “ (catatan : gila dalam bahasa sunda bukan gila gak waras, tapi menjijikan, semacam geuleuh, merusak pemandangan, bikin sakit mata, dsb.. hahaa, mamanya langsung tertohok, bener juga nih anak gwa lama2 kayak eddy brokoli rambutnya :-p)

pagi-pagi skali kita sekeluarga udah siap, mandi dan sarapan, masalahnya kalau weekend parkiran dan jalanan mulai abnormal, macett maangg… kita pun tiba dengan lancar dan dapat parkir strategis. tujuan utama langsung menuju tempat cukur yang berada di lantay paling bawah (LG / lower ground) di depan carrefour. udah dari jauh2 anak2 dirayu kalau mau dicukur bakalan jadi ke lego land nya (walaupun sebenernya tiket udah beli hihiii), dan diajak main ke gamemaster, maksimal 25000 eun lah isi kartu nya hehe..

udah masuk ke dalam kiddy smile, kita registrasi. langsung milih tempat duduk. tadinya bingung, mau satu-satu apa dua aja skaligus cukurnya, akhirnya langsung bedua aja, biar cepet beres. dan well, ini pertama kalinya zuran potong rambut disini dan untuk abdul yang ketiga kalinya.

diantara 2x pertemuan sebelumnya doel cukur rambut disini, gak ada 1 pun yang membawa kenangan indah….. pasalnya selalu nangis dan ngamuk… errr… tapi mau bagaimana lagi ya? soalnya sudah pernah mencoba cukur di gang deket rumah, biayanya cuman 8rebu perak, tapi sama2 nangis, ngamuk, tereak2, yang akhirnya tukang cukur nya yang terbiasa motongin anak gede kesel, alhasil dulu cuman sebagian kepala yang dicukur dan kita pun lets go karena emangnya manyun.. heuheu

akhirnya perjuangan pun dimulaiii… dulu ada imas (MANTAN!) yang biasa megangin, sekarang kita single fighter nih, si papah pegangin doel, mamah pegangin zuran. pertama dibujuk dengan duduk2 di atas kursi berbentuk mobil2an : “keren loh dul.. ada setirnya ”

trus bermanis-manis ria dengan muterin DVD kartun, dan bawain mainan2 yang banyak disitu. then setelah dimulaay.. 1 menit…. 1.5 menit…. 2 meniitt…… jrejeengg… sudah mulai ingin kabur dari kursinya, kepalanya goyang-goyang, nangis kenceeng pisan sambil diliatiin.. huahaha, ternyata zuran yang tadinya anteng ngikutin kakanya yang heboh. jadilah dua-duanya heboh .. emaknya cuman bisa nyengir…. huhehehe, sabaarr sabaarr..

akhirnya cukur session pun berlalu, alhamdulillah, langsung bersih2 di belakang pakai air anget, disediain anduk juga, dan tak lupa ganti baju karena rambuttt dimana mana… abis rapih, tenang lagi deh, hihii.. langsung ngoprek mainan yang ada disana..  🙂

 

 

=======REVIEW KIDDY SMILE KIDS CUT===============

tempat : bersih, strategis (buat saya yang rumah d bandung utara), nyaman, gak gerah

tukang cukur : mayan laah, meskipun masih menyong2 rambut doel dan zuran (ini mah gara2 kepalanya gak mau diem)

harga : 105rb sekali cukur (doang), kalau mau dihias2 kayak ahmad dhani tuh nambah lagi, deh

pelayanan : lumayan sabar, meskipun anak2ku sangat lincah dan dinamis tapi tetep senyum dan cekatan.. ada mbo2 pelayan juga yang baik banget bawain tissu, bantuin ganti baju, dsb

fasilitas : mainan cukup lengkap. ruang tunggu lumayan, kaca gede, kumpulan dvd lengkap tapi TV nya kurang gede kali ya

saran : bagi yang susah dicukur kayak anak2 saya jangan lupa bwa anduk kecil dan baju ganti, pasalnya anak2 saya gak mau dipakein celemek, jadi rambut kemana-mana.. hehee.. baiknya di sugesti jauh2 hari biar anaknya tenang dan anteng 🙂 (talk to myself!)

 

sekian, terimakasih sudah berkunjung ! 🙂

wassalamualaikum

 

 

one day one juz

-alhamdulillah-

Bisa masuk ke komunitas ODOJ (one day one juz),merupakan karunia dari Allah yg gak ternilai harganya. kata aa gym kan, : “apapun yang membuatmu dekat dengan Allah, itulah KARUNIA”. karunia tsb bisa diusahakan, namun bisa juga diberi “kesempatan” oleh Allah. seperti hidayah, kita juga harus ‘mencari’, gak cuman ‘nunggu’.

Dari desember 2013,berartu sudah 4 bulan lamanya saya ada di group Whatsapp ODOJ 308 bersama-sama 30 ibu-ibu di seluruh pelosok Indonesia saling mengingatkan, saling menyemangatii, dan saling support untuk bisa terus mengaji dan lebih dekat dengan Al-Quran.

– awalnya-

saat awal ODOJ berdiri, saya dan sekumpulan ibu-ibu kece berlogo gajah di suatu grup Whatsapp (grup MOM), ingin banget bergabung tapi gak punya nyali. hihi. dan saat itu pula ada pengumuman jarkom dr seorang teteh kakak kelas solehah yang mengajak untuk masuk grup ODOJ yg akan di adminin olehnya. saya refleks bilang : mau ikut teh! – sembari gak mikir, sehari 1 juz itu kayak gimana, karenaa.. jujur ajaa.. 1 hari 1 halaman itu terasa beraatt sekalii.. huuuuhuu.. (kebanyakan setan gentayangaan, seriusan ini setan lebih seram dari genderewo karena sukses bikin lebih tertarik nongkrong di facebook, instagram dan twitter berjam-jam Gak JELAS..)

tapi kemudian, si teteh ngasih tau kalau grupnya sudah terisi 30 orang alias dah penuh ( saya gak kebagean karena telat).. saya pun kembali menginisiasi bergabung membentuk grup sendiri bersama teman2 MOM, tapi karena kita semua baru newbie, disepakati untuk bikin grup ODOJ KW, alias gak one day one juz, tapi four day one juz, hehee.. alasannya setelah menimbang kapabilitas dan kebiasaan dr ibu-ibu yang ikut hehee.. Yang ikut ODOJ KW ini ada yg anaknya 2, anaknya 3, anaknya 1… ada yg bisnis online, kerja kantoran, ibu RT, hehee. banyakk dehh… mnurut kami (saat itu) blum bisa untuk 1 juz perharinya, tapi gak menutup kemungkinan kalau nanti sedikit-sedikit menjadi bisa (berproses ceritanya).

naah ketika 4 day one juz ini jalan kira2 seminggu (yang alhamdulillah bisa terlaksana dengan baik karena kebawa semangat dr yang lain 🙂 ), tiba-tiba ada undangan grup ODOJ lagi dari teteh solihah ituu.. huwaaw..tetehnya bikin grup ODOJ yg baru, dan alhamdulillah shes count me in! sudah lengkap pula 30 orang. wow.. Saya pun bergabung dan berkenalan dengan ibu-ibu baru.

hari pertama di grup ODOJ, 4 orang ibu-ibu sudah laporan kholas/ beres 1 juz sebelum jam 7 pagi! subhanallaahh… mikirr.. ini ngajinya dari jam berapa? .. sempet keder, haduuh.. keluar ajaa gitu dari grup ini,takut malu-maluiin.. tapi mau nyobain dulu ahh. saat itu saya belum keluar dari 4day1juz, jadi ikutan grup ngaji di 2 group dengan hanca (tanda baca Quran) yg berbeda. terus akhirnyaa nanyaa dehh ke ibu-ibu yg istiqomah banget sebelum jam 7 udah beres 1 juz , apaa sih tipsnya bisa cepet banget dan semangat tilawahnya., naahh menurut salah satu teteh ( nuhun teh tia) :

” pakai metoda 1 kali duduk, artinya ketika suasana kondusif (misal pilih pas lagi tahajud), bereskan bacaan saat itu. 1 juz paling hanya membutuhkan 45 menit-1 jam, gak lama”

Wah.. penasaran! saya coba saja besoknya, dan… : waahh benerr jugaaa! masha allaahh.. gak sampai sejaam.. ternyata yang dibutuhkan cuman NIAT! Bener lo.. Biasa sejuz sebulan, ternyata bisa sejam kalau dengan keinginan dan keyakinan!

seruuu,, alhamdulillaahh… Akhirnya saya mulai merasakan terkena Al-Quran addict : yang kalau lagi bengong suka langsung kepikiran “ih mending baca quran” atau kalau belum beres : jadi pengen cepet-cepet beresin. alhamdulillahhh..
akhirnyaa, diputuskan saya keluar dr 4day1juz dan gabung di ODOJ aja, yang setelahnya dikasih nama ODOJ308 oleh ODOJ pusat.

-tetap semangat!!-

tapiii….tantangannyaa di grup ODoJ ituu ternyataa woow banyakk bangettt.. terutama setelah 2 bulan berlalu, hihi.. di group saya nih.. ibu-ibu nya mulai menghilang satu-satu ( gak pernah laporan, di mesej gak dibalas, dsb).. grup yang biasanya khatam tiap hari, jadi maksimal 20 juz aja perharinya, ada yg mengundurkan diri dan di replace sama anggota-anggota baruu, daann.. banyak juga tokoh-tokoh yang ” nyinyir”. heuheu..

Untuk yg nyinyir karena katanya ODOJ gak sesuai tuntunan Rasul : kan kataaa aa gym jugaaa – apapun yg membuat dekat dengan ALLAH, itulah karunia. Laahh mengapa malah gak boleh..?harusnya disyukuri dong yaa.. inilah FASTABIQUL KHAIROT, artinya berlomba-lomba dalam kebaikan..

Nah kalau tantangan dari diri saya sendiri dalam ngeODOj ini adalah :
1) niat yg kadang naik turun. Terutama kalau si M kumat. Alias malass… Huhuu… Pernah baru tilawahnya jam 10 malam, memang sih jam 11 beres, tapi last minute banget deh…
2) banyak kerjaan terutama rempong ngurusin anak2.
Kalau siang sih susah cari waktu. Bisaa sih curi curi sambil nemenin anak main. Tapi kadang disambi nge OLshop juga, bener2 akrobat deh sayahh! Huhu.. Bagusnya memang selesaikan sebelum salat subuh, tapi itulah,, masih berproses nih tahajjudnya.. huhee
3) rutinitas yg random.
Yaa, hidup saya gak jelas. Hahaa. Alias sangat random. Skrg mau ngapain,kemana, gak terencana,, heuheu,, jadinya kadang menghambat efektivitas ngaji juga, yg harusnya disiplin misal selesai shalat 2 lembar.. 5 kali shalat khatam deh 1 juz.. Tapi ini engga bgtu. Kadang siang tiba2 harus pergi, dsb.
4) grup kadang sepi,,
Jadi mempengaruhi semangat juga, heuheuu,, harusnya semangatnya karena allah sihh yaa,,,

Naaahh kalau tipsnya bagaimana niihh?
tips lancar tilawah 1 juz 1 hari
1) niatkan awal tilawah hanya untuk Allah, bukan untuk pamer, bukan untuk dipuji anggota member lain biar terlihat keren, bukan untuk disanjung, dsb. Kembalikan pada allah, niatnya harus ikhlas… Insha allah akan dimudahkan dan berkah
2) cari jadwal rutin yg kosong. Idealnya adalah waktu salat malam dan sebelum salah subuh. Atau pakai metoda 2 lembar per setiap habis solat wajib. Atau malam ketika anak2 sudah tidur. Sesuaikan dengan kondisi masing2 saja
3) bikin groupnya semangatt, teman2 yg semangat membuat kita ketularan jugaa loo..
4) jangan lupa membaca terjemahannya, karena membaca tanpa makna membuatnya terasa hampa.
5) pilih al quran favorit mu.. Saran yg sudah ada tajwidnya biar tilawahnya makin oke. Kalau bs jangan yg besar2 juga biar bisa dibawa kemana mana

 

6)JAUH JAUUH dr hapee, laptop, tivi kalau lagi tilawah.. heuheuu.. kadang syetan dengan mudahnya MERAYUU… baru 3 lembar : liat hape bunyi, hmm.. cek dulu aahh.. ehh.. ceknya malah sejam! makin lamaa deh beresnyaa, hehe

7)sehari hanya 24 jam, jangan sampai dilalui tanpa tilawah,, tiada yg tahu apakah kita masih hidup 24 jam berikutnya? Yuk pergunakan waktu kita sebaik mungkin… Jika ada waktu kosong, daripada bengong, gosip ga jelas di WA, kepoin status org2 gak penting dfesbuk, mending tilawaahh ajaa…

Hehehe

-penutup-
Yuuuk,smoga kita semakin istiqomah dan semakin dekat dengan-Nya. aamiiinnn

wassalamualaikum

 

1422442_630035460410023_1196891316_n 1920535_630035183743384_566659599_n