Catatan zuran 1y10m

20140303-124846.jpg

 

zulaan.. adikk julaaann… *uwel-uwel*, yes im addicted to thiss booyy.. so cutee , lucuu.. pintaar dan baik hati, tidak sombong dan ramah senyumm, xixixi…

bentar lagi mau ulangtahuuun, adyik zuran udah makin pinter, makin baceo, kalau dibandingin ama doel, adyik lebih cepet bicaranyaa..mungkin karena stimulus dengerin kakanya yg cerewett, hehee.. 

1) Hobbynya enenn.. liat mamanya langsung celoteh : Mamaa.. mu eneen!! — huuhuu, emang mama sebadan2 enen semua yaa keliataannyaa? heuheeuu :p… kalau lagi sakit (sumeng, batuk grok2, pilek) susah bangett makannyaa, seharian bisa enen doang, huxhux , emaknya langsung lemah tak berdaya (tapi anehnya perut emaknya masih ajaahh berlipat lipat haha :-p). pernaah dong ditinggal sehariaan, yaa ga nyariin enen, malah katanya mamam nya nambah terus, hux. sempet ajaa ngumpet di kamar pas sesi makan, minta disuapin ama imas-elin aja… karena kalau disuapin mamanya ,, langsung gelendotan minta dipeluk trus buka2 enen.. huhuu.. manja sekali kamuu naak, tapi mamaa sayaang bangeet… ga tegaa nyapihnyaa, hikss (selain belum siapp, juga belum tegaaa, masih suka uwel2 zuraan, cium2-peluk2 kalau lagi sesi enenn, bahagiaa bangeett rasaanyaa -alhamdulillaah)

2) bicaraaa-makin cerewet.. udah bisa nyebutin semua anggota rumah, nyebutin nama-nama binatang. dan favouritenya adalah kupuuu-kupuu!! hihiii kook kayak feminimm gtuu yaa cowok tapi suka kupu2, mungkin gara2 pas itu diajak ke taman kupu2 cihanjuang. kalau lagi jalaan kemanaa gtuu, trus suka tiba2 bilang : kupuuu!kupuuu! sambil nunjuk2. oalaaa..ternyata ada gambar kupu2 keciill..segede upill di poster di mall, atau baligo dimanaa gtu. subhanallaah deh, hehee.. oyaa dah bisa nyanyi jugaa, pokonya kayaknya smua laguu yang Doel bisa, zuran juga bisa, jago ngikutinn kakanyaa!! ampe mars sekolahnya doel jugaa hapal. Anak soleeh? Amiin! Istiqomaah? AAPP!! (si-nya ngilang, ap nya doaang, wakakka)

3) MAKIN LINCAH, yesyes, or no-noo?? haha.. sekaraang kalau dibawa ke mol atau ke tempat yang luass, udah kayak TAMIYA.. disimpen di bawah bentar langsung swiiing!! laariii kesana dan kesinii, hihii.. maklum yaa, rumah zuran kan sempit :-p. dan kalau udah heboh lari2, digendong lagi pasti ngamuk2, huhuu..makanya daripada cape mending gendong terus ajaa deh, tak gendoong..kemana mana, hehee.. soalnya belum mengenal instruksi nih bocah, kalau lari di mol, kita luruss.. dia belokk.. kita belok dia luruss, kan LIEUURR u knoow, hehee.. sebentar lagi juga enggaa kok, kalau udah segede doel enak yaa, jalan2 tinggal pegangin tangannya.. heheh

4) makin miripp MAMAA.. hahaa, diliat2 koo bibirnya maju, idungnya mundur, dan rambutnyaa mama bangeet, halus dan tipiss,, heheehh.. smoga sifat2 baiknya mama nurun ke zuraan yaa, kalau jeleknya jangaan yaaa. hehee

5) favourite food : SOP, Baso, DOnat stroberi, dan buah jeruk, apel. alhamdulillah zuran lebih suka buah dan sayur dibandingin abdul.. smogaa bakal terus suka buahsayur sampai gede aamiin.. jangan kayaak papahnya! hehee

6) tukang ngintilin kakanyaa ! skarang kemana mana seneng banget ngikutin kakaknya. kakanya main mobil ikutt, kakanya main balok ikutt, tapinyaa ituu.. doelnya suka ngebully. hikss.. adiknya mainan mobil ijo, direbut : ini punya abdul! katanya. trus jailnyaaaa ituuu.. adiknya lagi enen dicubitin.. adiknya lagi duduk, didudukinn.. suka juga dipukulin ama mobil2an hikss.. mudah2an cuman sementara ajaa yaa ini.. aamiin

ZURAAN.. alhamdulillah biasanya sebulan skali sakit , entah asmanya kambuh, batuk2 grok2, pilek, sumeng, skrg udah jauuh lebih baik perthanan tubuhnyaa.. alhamdulillah pas jalan2 ke spore juga makannya banyaak, dan semangat benerr jalan2nyaa, alhamdulillah ya Allah, jagalah selalu anak keduaku ini.. aamiinn

 

love love uuu…, mamah echa

 

Behind my khaizuran’s born

Assalamualaikum,. Kali ini saya mau critah-critah tentang proses lahiran anak kedua saya..hehee

Saat ini kandungan mulai memasuki minggu ke 36, blom siap-siap, blom ngapa-ngapain, nyiapin koper juga belon, daftar hermina juga belon, pokonya nyantai aja kayak di kebon….Pikirannya saat itu, doel aja lahirnya pas minggu ke 38, jadi ya masih 2 minggu lagi tenang lah..hehee

Hari sabtu itu ada nikahan sobat saya, astrid dan dannie di hotel jayakarta dago,bandung. Dari pagi pagi udah menuju tempat, karena mau dandan dulu dan ngliat prosesi akad. Alhamdulillah proses pernikahan lancar, agak siangan doel sama papahnya dtg nyusul ketika resepsi. Hari itu si kaka doel agak demam, dan rewel banget.. Di tempat acara nangis nangis dan geje yg akhirnya saya dan suami buru buru pulang ke rumah.kayaknya ni anak ngantuk dehh.. Panas juga sih siang itu…

Sesampai di rumah setelah doel tidur, saya dan suami berhubungan, hehee.. Ups sensor..Kata para dokter kandungan dan literatur, sperma bisa mempercepat proses kontraksi rahim.. Sehingga mempercepat persalinan, broh… Tadinya takut kalo berhubungan suami istri sebelum nikahan sahabat saya itu, ntar gmn kalo kburu brojol duluan, krena udah masuk 36 minggu nih, adiknya doel dah siap lahir……jadinya saya dan suami spakat, transfer spermanya setelah acara nikahan atit dannie aja, krena dah janji mau dtg, dan udah bikin baju sragaman jugaa kaann… Xixixi alhamdulillah suami saya sabar nunggu beberapa minggu;)

Besoknya hari minggu pagi, saya keluar cairan bening dr kemaluan yg cukup banyak. Waduh, ketuban dah rembes nih,, bener bener tokcer transferannya..LOL. Agak panik, akhirnya pagipagi itu saya dan suami ke hermina,.. Dokter kandungan saya hari minggu emang ga praktek, akhirnya mencoba ke dokter lain aja ( lupa sapa namanya), trus diperiksa dalem dan di usg.
“masih jauh ko buu.. Yg tadi rembes bukan ketuban ko,cuman cairan vagina aja.. Tenang aja, ni saya liat masih lama ko”

Waaa.. Alhamdulillaahh….senaangg… masih bisa siap-siap nih.hehee. Abis itu saya dan suami daftar tempat bersalin ( ikut kelas utama) trus ke lavie dulu beli pralatan bayi.. Ga bs blanja banyak banyak jugaa. Soalnya barang2 doel masih banyak yg bs dipake hehee…

Besoknya….Hari senen jam 3 subuh.. Perut ko krasa mules.. Trus ilang..trus mules lagi.. Waduuh.. Kontraksi palsu kali ya. Akhirnya ditidurin aja dah berharap sakitnya ilang.. Ketiduran ampe jam 5 subuh.. Dan masih nyeri perutnya. Jam 6 subuh cek ke wc, ternyata udah nge flek darah segar lumayan banyak.. Astagfirullah.. Beneran nih mau lahiran sekarang?seriusaannnn…..? Kmrn kata dokternya masih lama? Weleh welehh.. Yowes, akhirnya saya dan suami berencana ke hermina lagi.. Makan dulu yang banyaaakk… Siapin tenagaa..siapin barang barang,dan cabs jam 9 pagi dari rumah… Bismillah… Ninggalin doel di rumah yg masih anget badannya, hiks,,

Jam 10 pagi di hermina, masuk ruang bsalin, dicek udah bukaan 4. Wah subhanallah.. Cepet jugaa yaaa… Bentar lagii nih kayaknya,, mulai degdegan tpi berusaha tenang,,akhirnya jalan jalan dulu keliling hermina trus ke griya sebelah hermina bli baju bayi ( masii aja sempeett ;p)

20130205-170536.jpg
name tag lahiraan.. Saya masih 25 taunn niihh.. Hohoo

Nungguin dr anna buat ngecek lagi, karena si dr masih ada praktek dr jam 8 ampe jam12.. Mules mulai mengarah ke arah nyeri kayak mens hari pertama.. Dibawa jalan ajaahh deh.. Dan BbM an serta twitteran, ahhaa ( masiihh..ajaa sempeet yeee)

20130205-170344.jpg
nyengir… Sambil nungguin bukaan di ruang bersalin Hermina Pasteur..

Ibu, imas dan doel akhirnya dtg ke hermina. Ada bapak mertua juga dtg dr bekasi dr sana pagi2.., karena doel masi anget, skalian aja deh daftar ke dr anak yg lagi praktek di hermina. Saya pun nganterin doel ke dr anak, trus nyuapin dulu makan siang.. Sambil nahan nahan nyeri, heheeee.. Tpi jadinya ga bgtu kerasa..

Udah jam 1 siang, kontraksi udah makin berrasa… Wadooh..ni dah bukaan brp yaa? Ko dokternya blom beres jugaa prakteknyahh? Sabar aja lahh.. Akhirnya doel dan ibu pamit pulang ke rumah, krena kasian doel klo kelamaan… Lagi sakit pulaa..Ya lah, ga usah ditungguin juga, butuh doanya ajaa..hehee..
Kembali ke kamar bsalin, udah tersedia hidangan santap siang, makaann duluu mari kita makaann!! Makan yg banyaak biar tenaga kuaat nih,,,,

Jam 2 siang, lagi nonton tivi, dr anna datang… Hooraay… ” hei, ngapain? Ko malah ntn tv? ”
” iya dok, kan sambil nungguin dokter, hehee” akhirnya saya naik ke tempat tidur dan dipriksa dalem..

” waahh udah bukaan 8 inih buu..” whaatt? Alhamdulillaahh.. Masa siih? Alhamdulillah bentar lagiii..asikasiikk,,
” ini ketubannya masih belom pecah, oke suster siapin smua peralatan yaa.. Saya mau ke mobil dulu bentar”
Abis itu dr anna ambil gunting dan bless… Ketuban dipecahin.
Sementara para suster siapsiap, ada yg bawa suntikan, lampu sorot, meja bayi, dsb.. Waa degdegaann… Tapii bismillaah ajaaahh..

Karena ktuban dah dipecahin, otomatis kontraksi makin dahsyaatt…huwaaaa..ya raabb… Tarik napass, buang napaass.. Tenaang.. Relaaaxx… Minta suami elus elusin punggung, pijitin kaki.. Waahh,. Pokonya 15 menit yg luar biasaa sampe akhirnya si rasa pengen ngeden dataang!

“susteerrr.. Udah pengen ngedeen nihh..mana dokternya? Udah kesini bloom?”- sayah tereak tereak, duuh kayak ada pup segede hanoman nih di pantatt…
Suster pun ngecek dulu bukaan..” yaak buu dah bukaan 10″.. Sejurus kemudian dr anna datang, alhamdulillah…
” yak, buu silakan ngedeenn..” saya pun ngedeenn.. Dengan teknik yg udah diajain di senam hami… Ngedeenn, liat ke arah perut,, hembuskan nafas.. Ngeden lagi liat ke arah perut,, mata jangan dipejamkann.. Hembuskan nafaas… Haaa? Ko blom kluar kluar siihh? Hadoohh..
” ayoo bu.. Terusss…” kata dr dan para suster nyemangatin
” ayoo mah.. Ayo maah.. Itu dah kliatan rambutnya”
Hyaaahh..semangaattt.. Allahuakbaaarrr…….. Dan akhirnya broooll…

Subhanallah, walhamdulillah, walaillahaillahuallahuakbaarr… Saya pun komat kamit menyebut nama Allah.. Alhamdulillah Ya Rabb… Akhirnyaaa…

Dede pun keluar sambil nangis, tapi nangis nya pelaaann.. bangett..hee beda banget ama doel dulu.. Abis dibersihin, dede zura ditelungkupin di dada buat imd.. Ihh miriipp maamaah lagii..
” pah, idungnya pesek lagi kayak mamah pah” hahahhaa…

Alhamdulillah proses melahirkan pun sudah selesai dengan selamat, cepat, mantap dan bahagia,,, ga ada karunia yg lebih indah dari ini..

..maka nikmat manakah yg kamu dustakan??

” trimakasih Ya allah.. Anak ini kami beri nama Muhammad Qaf Khaizuran Muttaqien smoga bisa menjadi anak kebanggaan umat dan pemimpin beriman yg amanah dan teladan, aaamiiinnn..”

20130205-170650.jpg
adik zuran anak soleh, mukanya baru lahir beda ya ama doel, yg ini lebih kalem, aamiiinn….

Oyaa ini kali kedua saya lahiran di Rumah Sakit ibu dan anak hermina Pasteur. Alasannya karena dah pernah lahiran sebelumnya disini, pelayanannya bagus, susternya ramah, dokternya enak dan cocok, dan tentu aja ini salah satu RS rujukan asuransi yang bisa dicover oleh perusahaan suami xixixixi…
Yg mau lahiran di hermina, as my opinion :
1) gedung dan ruangannya bersih, susternya ramah ramah, ngejelasinnya enak, pokonya baikbaik deh
2) Rumahsakit yg mendukung program pemberian ASI mulai dr IMD setelah lahiran, ROOMING in dengan bayi, gratis penyuluhan dan pemijatan payudara ( breastcare), dan tentunyah proNORMAL.. Jadi klo masih bisa lahiran normal diusahakan dl lah ya biar normal..
3) kamar kelas utamanya lumayan nyaman, ada sofa besar buat yg nungguin, ada tv, kulkas, wc lumayan luas, meja makan, ac, sendiri lagi..enak deh hehee
4) makanannya ga enak euy tapinya,, hahaha.. Ga tau deh kurang berasa aja gtu ( lah lu bandingin ama mc donald sa? Wkwkw)
5) dokternya baiik, terutama dr langganan saya dr anna fachruriah, dokter obgyn paling paporit kayaknya niihh, antreannya panjaang kayak sembakoo, tapi so far puaass, doi ramah banget, lucu, hebohhh, stiap nanya pasti dijawab dengan antusiaas, dan cekataan hehee
6) fasilitas senam hamil nya gariiing pisaann… Instrukturnya kurang heboh dan atraktif dengan peserta, gerakannya juga itu itu ajaa..hehee.. Oya kalo mau senam hamil yg pol dengan giveaway yg banyak itu di borromius yaa ibuibu,,, dijamin puaasss hehee..
6) kekurangan lainnya adalah muahaall.. Kalo dicover asuransi cuman dpt kelas 1, yg sekamar bedua,, nah sayah blagu pengen kamar yg sendiri, jd nombokin olangan dehh hihiii…

Ini nih rincian biayanyaa… Ayoo bagi yang mau persiapan lahirann, diternakin dulu duitnya biar banyakk.hehehe

20130205-171532.jpg

Sekian,
Semoga tulisan ini bermanfaat
Wassalam
Essa

Mari berKB!

My mother said..” silahkan mau punya anak berapapun ( 2 aja cukup;p), asal antar anak kasih jarak..”
And she said after i have my 2nd boi named zura..hihi- udah ga mau punya anak lagi koo kayaknyaaa ;p

Setelah dikaruniai anak kedua dengan jarak dengan anak pertama cuman 19 bulan, satu kata yg ingin saya racuuni buat semua wanita di dunia adalah… “ibuuuu ibooeee !!! Abis ngelahirin jangan lupa di KB yAH!!!”
kb apapun boleh.. Mau suntik, pil, atau iud.. Asal jangan pake kondom doang yaah ibuibu ( terbukti jebol pada diri sayah,hihaha).. Atau jangan cuman percaya : klo lagi masa nyusuin pasti KB alami.. Dont too much believe in with KB alami macam nyusuin atau sistem tanggalan karena ga amaan…

Saya percaya, kalo setiap anak adalah anugerah. Tapi punya planning ngelahirin anak di tahun berapa aja itu penttiing bangettt.. Oke kita flash back ke masa lalu,, saat itu doel ( my first son) usianya menginjak 7 bulan, sayapun dikasih mens pertama seusai lahiran.. Mulai deg2an, brati sudah subur lagi nih saya, musti hatihati kalo ada yg bercocok tanam bisa berbuah,hehee.. Saya… Yg dari usia doel 1 bulan udah di wantiwanti ibu saya untuk KB, tetep mbandel.. Ibu saya nyuruh cepetan pasang ( iud), atau suntik,, mau ke bidan kek, atau ke dokter.. Pikiran saya waktu ituu… Ga mau deh yg namanya dipasang iud.. Pasti di obok obok lagiii,, pengalaman 9 jam sakit mules ngelahirin doel bikin rencana kb gagal deuigagal deui,, pokonya mahh sangat percaya lah kalo durex yg beli rutin sminggu skali ini sudah cukup aman agar ga hamildun lagi.. Heuheu

8 bulannya doel…saya masih menstruasi alhamdulillah.. Mulai lebih hatihati kalo berhubungan.. Mulai ngitungin tanggal, nandain almenak, kapan aja si suami ga boleh datangin aku..hehee.. Oya di bulan juni ini saya menghadapi yg namanya sidang tesiss.. Alhamdulillah beressss dan loloooss dari teknik lingkungan itb dgn predikat memuaskan ;’) ( terharu badayy).. 9 bulan doel.. Si merah dtungguin kagak dateng- dateng..MULAI CEMAS.. Duh gusti, kenapa ya? Hmmm mungkin karena blom tratur ajaa yaaa.. Di bulan juli ini sayah alhamdulillah di wisuda kembali di sabuga.

Bulan agustus..bulan ramadhan.. Pertama kalinya puasa full sapu bersih ga bolong dalam 12 tahun terakhir ( sblom saya dikasih mens pertama kali).. Waduuuhhhh…. Alhamdulillaah seneng ga usah ganti. Tapiiii…… Ko telatlagiiii yaaaa??
Bulan september.. Perut udah ga braturan, muaaal, enek. Aku kira sakit maag.. Akhirnya teratur minum promaag, dan ga ngaruh,, mulai deg2an tingkat tinggi.. Yang paling ditakuti tentu saja ngomong sama ibunda, gmn dong klo ternyata hamil lagi? Harus bilang apa sama ibuku? Hikkss…
Akhir bulan ini akhirnya saya beranikan diri bli testpack dan nyoba.. Hiks.. 2 garisss….
Antara senang sedih dan stress.. Entahlahh.. Perasaan bercampur aduk karena merasa blom siap punya baby lagi,,. Selanjutnya periksa ke hermina, obgyn dr ana, udah kliatan janinnya, katanya udah mulai masuk 2 bulan..

Bulan bulan pertama kandungan sungguh menyiksaaa ( saya harap ini ga terjadi pd ibuibu yg punya sifat labil agak banyak seperti sayaah) , karena perang dingin ama ibu saya yg masih murka ngeliat saya hamil lagi … “ibu pengennya kamu beres kuliah fokus cari kerja, punya kerjaan yg bagus, wanita karier, baru hamil lagi. Makanyaaaa ibu bilaang juga apaaa…pakee kabeee..buruaan di kabeee! Jadi anak ga pernah nurut! Rasain sendiri! ” dan blablaa tiap hari perkataannya selalu samaa ( ampe skrg juga sih, masih aja sukaa disepettt) .. Akhirnya tiap kena marah slalu nangiss, ngerasa jadi org yg gagal ( karena ngliat temen2 eks s2 ku abis wisuda dah pada dapet kerja, sementara aku?) . Ngerasa bodoh dan nyeseeellll bangeeettt.. Pokonya depresi ampe punya pikiran ga mau ngelahirin ini bayi ( maapin aku Ya Allah,hiks)

Sampai akhirnya pasrah, tobat dan berpikiran positif untuk anak keduaku ini, sudah digariskan Allah begini. Ya jalani saja… Dan alhamdulillah lahiran sangat lancar diberikan allah.. Cuman 15 menit aja ngrasai mulesdahsyat nya ampe zura mungil nan ganteng hadir ke dunia.. Alhamdulillah wa syukurillah… Mengemban amanah baru sebagai org tua anak kedua per 7 mei 2012..

Seperti yg udah saya bayangkan, hehee.. Punya anak dua ituuuu.. Sibuuk sekalii.. Ga sbuk juga sih, hmm,, tapi melelahkan jiwa raga gitu yaa. Tapii… Alhamdulillah punya asisten yg sangat baik baikbaik, sabar, nurut, ga macem2.. ( klo ada predikat best asisten rumah tangga in the world kayaknya menang niihh! Hehe) , jadinya ga stress stress amat… Kalo bulanbulan awal stress nya masih level rendah,, zuranya masih doyan bobo,, doelnya baru lancar jalan masih ..yaa.. Mayan laahh.. Tapi makin lama tangan gurita ini makin heboohh,, slain ngurusin 2 anak, bisnis, juga les toefl, ditambah kerjaan baru sebagai dosen.. Subhanallah akhirnya dikasih sakit ama allah sebagai peringatan.. Bulan desember 2012 kena serangan maag, dan setelah sbulan bru tau saya kena gerd, bukan maag . ( semacam penyakit asam lambung yg tidak normal).. Menurut situs,, penyakit ini akibat pola hidup yg ga baik, sering bgadang, stress ( ini nih!!) , sering makan pedes dan ga sehat, kurang olahraga, abis makan langsung tidur, dsb.. Sampai skrg nulis ini masih berjuang agar si sakit ga kambuh lagii, mudah mudahan bisa sembuh total aamiiinnn..

Nah makanya, saya ngrasa nyesel dulu ga langsung di KB, buat ibuibu yg takut di Kb..ga usah takut.. Apa yg anda takutkan? Nyerinya ga seberapa dibanding sakit abis lahiran lagi, ga seberapa dibanding dijait lagi.. Hehee.. Pake iud juga ternyata ga sakity ( saya pakai iud pas 40 hari abis ngelahirkan) , pasangnya cuman 2 menit, dan ga krasa apa apaaaa…

Dan inilah manfaat yg saya gali dengam berKb ..cekibrot
1) kasih jarak antar anak minimal 3 tahun bermanfaat agar kebutuhan ASI si kakak terpenuhi dengan baik
2) dengan jarak antar anak, rahim ibu bisa dipulihkan dgn optimal
3) jarak antar anak yg baik melindungi ibu dari stress berlebih dalam mengurus dan merawat anak, karena amanah besar ini, so harus dilakukan dgn sbaikbaiknya ( jgn ngasal dlm ngurus anak)
4) mengurangi stress dan macam macam hal yg dpt menurunkan kesehatan ibu.. Terutama psikiss..
5) menambah waktu untuk financial planning.. Nabung dulu yg banyak baru punya anak lagi kan itu lebih baik,,Biaya lahiran ga muraahh..
6) mengurangi resiko kakak yg cemburuan dan akhirnya manja, ini terjadi sama doel, abis adeknya lahir, manjanya jadi over and over, dan cemburuannya ampe sering mukulin adeknya pake mainan ;(
7) minimal sebelom anak kedua atau ketiga lahir, anak sebelumnya dah disapih, dah bisa makan sendiri, bobo ga harus dikelonin, dan udah lulus toilet training ( pipis dan bab ke kamar mandi).. Jadi bgitu adiknya lahiran, anda ga harus pusing tujuh keliling ngurusin kakanya yg blom mandiri, atau pilihannya anda harus nyari bantuan dgn pake jasa pembantu rumahtangga yg kita tau sendiri pembantu jaman sekarang hampir jarang yg benarbenar sesuai yg kita mau…betuuul?!?!?!?
Dan lain sebagainya..

Okelah, smoga tulisan ini bermanfaat untuk smuanya, pesan intinya tersampaikan walupun kebanyakan curhatnya hihihihi
Wassalam,
Mama essa

20130201-112032.jpg
Dua anak sangat baik!! ( untuk sayah!! ) hihiiii

Memilih Jodoh….

walaupun jodoh telah ada yg “ngatur”, tapi kita tetep dong harus punya kualifikasi. kenapa penting? karena menikah cuman sekali dan akan hidup bersama hampir puluhan tahun (kita tinggal bersama org tsb lebih lama dr tinggal bersama org tua kita),,

Buatlah patokan! bikinlah daftar list yang memang harus ada atau masih bisa di nego!! bijak2lah menentukan pasangan hidup yang baik 🙂

1. Pilihlah yang seiman

aaaa, ini no satu! ga bisa diganggu gugaat!!kalo anda orang islam menikahlah dengan org islam,, klo anda org hindu menikahlah dengan org hindu.. jangan sampai ngrubah agama “cuman” karena ingin menikahi org tersebut. percaya, cinta kepada Tuhan kita lebih penting drpada cinta sama pasangan yang cuman “hitungan” tahun.  coba lihat pasangan yang tetep menikah walopun beda agama,lha anaknya nanti mau ikut siapa? ikut bapa atau ibunya? apa ibu bapanya nanti saling kampanye biar anaknya pilih agama mereka macem PILKADA? aneh banget!

Dont waste your time, also your life!

2. Pilih yang akhlaqnya baik

klo saya sih pilih suami, pasti yang imannya lebih kuat dr saya, secara dia akan menjadi seorang imam yang membimbing para makmum-nya.  gmn caranya liat kadar akhlaq seseorang? well, klo itu sih cuman ALLAH yang bs menilai ya, tapi kita melihat dr kacamata manusia aja. pertama, bisa nanya ke temen deketnya, “gimana amalan dan ibadah sehari-harinya?”– apa dia sering solat, apa jarang solat, apa bolong2 solatnya, dsb. Bisa juga dtanya ke keluarga dekat, misal kaka atau adeknya, gmn pandangan mereka tentang ibadah calon pasangan kita. ato kalo dia punya murabbi/murrabiah (guru agama), kita bisa langsung tanya kpd mereka.

Ini penting banget! kalo saya sih ga mau punya pasangan yang ga pernah sembahyang, jarang ngaji, dsb.. mungkin ada yg menilai : “Gpp lah, nanti bisa berubah seiring waktu, cinta kan segalanya”—> oke aja kalo anda memang kuat! tapi ingat, orang ga bisa berubah secepat yg anda mau!

dan tetap ingatlah, seseorang yang baik, akan mendapat org yang baik pula. Insha allah jika pengen dpt pasangan ahli tahajud, maka marilah kita rajin tahajud. 🙂

3. lihat keluarganya

menikah bukan berati “ijab qabul” cuman dengan 1 orang, tapi menikah dengan smua kluarganya.

1) cari mertua yang baik—> kalo mertua agak cerewet gpp, tapi klo mertua kasar+suka mukul+ekstrim lainnya—mending udahan aja!

2) lihat latar belakang keluarganya–> klo mereka punya hutang sgunung ,catatan kriminal, so pasti bakal kebawa-bawa, tidur pun ga akan tenang! no way!

3) cari  yang taraf dan gaya hidupnya hampir sama—> menikah dengan org dari keluarga lebih kaya dari kita mungkin terlihat “enak”, tpi kalo perbedaannya terlalu besar, kita bakalan rendah diri dan susah adaptasi. begitu pula menikah dengan org dari keluarga yang taraf ekonominya jauh di bawah kita, akan capek hati sendiri. paling baik menikah dengan taraf ekonomi keluarga yg hampir sama, agar mudah menyesuaikan diri. memang, kita tak akan tahu rezeki kita ke depan seperti apa, tapi percayalah, kriteria ini penting agar hidup berumah tangga menjadi lebih harmonis.

4) apa kita dibenci ama keluarganya??— jangan sampai deh yaa! yg ada ntar jd masalah percekcokan rumah tangga dimana keluarga pasangan jd “orang ketiga”. coba cari letak dimana dan kenapa kita ga disukai. klo udah mentok, jangan maksain! nikah itu lamaa loo.. sakit hati 10 tahun lebih mantab daripada sakit gigi kayaknyaa,,, hehee

4. apa dia sudah mampu?

mampu bukan berati dalam materi saja, tpi dalam kesiapan, dsb. coba pikir lagi kalo ingin ngajak nikah sama cowok yang tiap malam masih hobi nongkrong ama teman2nya atau dugem–hueekkk …males!!

kalo yg masih pengangguran atau kuliah gimana?? naah ini mah gmn kesepakatan aja, pertama–tanya diri sendiri :sanggup? — sanggup disini sanggup cari pemasukan lain selain dr pasangan kita (laki-laki)? sanggup hidup irit? sanggup menerima pandangan negatif oraang? sanggup tiap ditanya suami kita kerja apa bilang :’blon”?? dsb

kedua tanya pasangan kita, apa dia juga sanggup, ketiga tanya orang tua, apa mereka masih mau ikut bantu apa engga (kasian atuh mereka, udah nikah masih aja minta tolong, coba pikirkan lagi.. klo sudah nikah sebaiknya hidup mandiri yaa, sekecil apapun jangan minta tolong ke mereka, harusnya malah ngasih duit malah mintain duit terus,,, 😦 )

klo saya sih prefer yang sudah bekerja tetap. atau punya pemasukan tetap. ga usah harus punya mobil, motor atau rumah sendiri sih, yang penting stiap bulan bisa dihitung tuk mencukupi hidup. Ekonomi itu faktor penting dlm pernikahan loo, di jawa barat aja kasus perceraian no.1 disebabkan masalah duit. dan krasa banget, habis nikah akan banyak pengeluaran. baik itu untuk rumah, kendaraan, anak, dsb. so, bersabarlah untuk menikah dgn org yg blom berpenghasilan. tunggu sampai dapet penghasilan. kecuali anda sangat-sangat ga sabar, sih.hehee..

5. nyaman&nyambung

ini kriteriaa yang penting jugyaaa, jangan karena cuman ganteng+cantik tapi orangnya resee kita jd mau nikah sama dia, weleh-weleh, bikin capek hati.. kalo saya sih prefer juga yang tingkat pendidikannya juga ga beda jauh. misal, sama-sama s1. soalnya ga kebayang kalo lulusan s1 nikahnya sama lulusan SD. belum kebayang,,, tapi bisa aja sih nyambung (tergantung orangnya ya!), ini mah anda sendiri yang menilai! hehehe 🙂

sgtu aja dehh saran2 dari si essa, ini based on pengalaman pribadi aja selama 2 tahun lebih menikah ya!mohon maaf klo ga ada yg sesuai!! smoga bisa jd manfaat aja buat para single-ers.. hihi.. 🙂

 

hahaa, klo ini ga bener lah! :-p

one fine day…

suatu pagi yang cerah aku terbangun dari mimpi indah..

lalu suaramu yang merdu bergemerisik di telingaku..

selamat pagi sayang..i love you..

dan sebuket bunga, boneka teddy bear serta coklat dan buah ada di hadapanku saat itu..

kau mengecup keningku mesra, dan kita berpelukan..

beautiful surprises!

WAW. BETAPA BAHAGIANYA.

dan masih hanya mimpi saja…

berharap orangnya baca!! #nomention

huehehehee… #amiiinn