STORIES FROM TURKIYE (PART.1)

DAY 1: JEDDAH-ANKARA-CAPPADOCIA (NEVSEHIR)

 

Perjalanan saya dimulai dari Jeddah, Saudi Arabia. Pagi-pagi sekali kami sudah nongkrong di bandara King Abdul Aziz dan terbang menggunakan Saudi Airlines, selama kurang lebih 2 jam, alhamdulillah lancar dan mulus banget landingnya, tiba di Bandara Ankara disamput hujan rintik-rintik. Begitu sampai dan merasakan cuacanya yang dingin-dingin empuk, seger… beda banget sama cuaca mekkah yang anginnya kering. Merasa bahagia karena ini pertama kalinya saya ke turki, excited!

1804080823531254757968.jpg

Girang banget kenalan sama tour guide Turki yang kocak dan menggemaskan, namanya Tugrul tugnali.Dia adalah guide langganan Safari Suci, dan termasuk salah satu yg terbaik, sempet dapat penghargaan juga, wow. Mau bahas lebih banyak lagi ah…dia adalah orang Turki yang belajar Bahasa Indonesia di Universitas Indonesia, dan dapet istri orang padang, ngomong Indonesia nya fasih banget dengan logat nya yg tetep turki, dan doyan banget bilang : Badai-banjir, Ndeso, Cyiin, dan Bahasa-bahasa gaul lainnya :p. Surprising nya, ternyata usianya gak beda jauh dengan saya, hahhaa. Kirain lebih tuaa. Pas saya bilang gitu, dia langsung komen : “ orang Turki memang relatif terlihat lebih “boros” dibanding org Indonesia, alasannya karena kita terlalu banyak makan daging dan roti”. “tapi orang turki ganteng-ganteng!” . “Kalian juga cantik-cantik, dan hidungnya lebih kecil, kalau kita susah mau ciuman”. Hahahaa.. hobi banget berguyon yang bikin kita gak geje selama di perjalanan

Setelah dari bandara, kita langsung ketemu tempat makan, dengan sajian makanan khas turki, Kebab! Kepikiran banget kan kebab dengan kulit kebab digulung kayak di bandung, ternyata aslinya kebab itu disajikan di piring secara terpisah. Ada roti, nasi, kentang, dan daging kambing! Karena gak suka kambing, saya makanin karbo nya ajaa.. selamat datang lemak!!
1804080821571585345110.jpg

Perjalanan dari Ankara, ibu kota Turki dilanjutkan menuju Capadoccia, di daerah Avanos, durasi kurang lebih lima jam, dan diselingi beberapa spot seperti ATM (penting, karena banyak yg gak bawa lira), toilet umum yang berbayar (1 lira) tapi mewah banget kayak toilet hotel, dan tak lupa ke danau garam, salah satu danau terbesar di Turki. Biasanya disini ada flamino, tapi pas kita kesana ujannya turun, dan sempet poto-poto sebentar.

Selama perjalanan ke Capadoccia kita disuguhi pemandangan padang rumput yang luaass banget. Adem banget liatnya, jadi pengen memamah biak, hahaa. Sampai sekitar jam 8 malam kita sampai di Hotel, langsung makan malam. Hotelnya enak dan homey banget, alhamdulillah.

30261015_1945027132177092_8987019849116942336_n

DAY 2- CAPPADOCIA

Besoknya, subuh-subuh kita sudah siap di lobi hotel karena akan segera ke tempat Hot Air Baloons, Yippiii!! Alhamdulillah dapat kabar kalau kita fix bisa naik balloon, karena kabarnya grup hari kemarin gagal karena cuaca gak mendukung. Trus katanya harus pergi pagi banget karena nanti bakal menikmati sunrise dari atas, wow! Kita pergi ke lokasi dengan menggunakan mobil travel Hot air balloons (namanya Kayak Baloons), dan setiba disana, kumpulan balon balon udara raksasa membuat kita tercengang. Kecee… dan gak nyangka, basketnya lumayan besar, dengan kapasitas 17 orang.

Akhirnya balon udara pun naiik, naik dan naiik. Awalnya udah cemas karena saya takut ketinggian kayak naik pesawat, ternyata ini gak bikin panik, gak kerasa udah di atas, dan mungkin karena terlalu takjub dengan breathtaking view nya (sama poto-poto juga), jadi menikmati bangett! Pokonya pengalaman yang gak akan terlupa walaupun harus mengoreh kocek yang terlalu dalam (230 dollar US per orang, sekitar 3.2 juta rupiah weww, nyampe Bandung makan garem aja). Perjalanan dengan balon udara kurang lebih satu jam, sempet protes, kok bentar banget hahaha. Oh ya pas mau landing, ada posisi khusus, yaitu semua orang harus merapat ke pinggir basker, pegang tali sambal posisi setengah jongkok, katanya biar landingnya smooth…Setelah mendarat, ceritanya ada acara bersulang! Tapi gak pake bir yah, mungkin pake darah uler :p gak lupa terus poto-poto, supaya bisa posting di Instagram, huheuhee! Alhamdulillaah, Ya Allah, dreams comes true!!

Selanjutnya kita pulang ke hotel dan siap-siap untuk city tour! Horeey.. kata tugrul hari ini bakal padat banget, dan kita gak boleh ngaret, karena biasanya orang Indonesia delay dalam tour, diakibatkan tiap 5 detik akan selfi sambal duckface! Wkwkwkw. Tugrul juga bilang : Gak boleh ngeluuh, gak boleh bilang capeek! Hihiii,, bismillah, semangat!

Pemberhentian kitaa di city tour Cappadocia:

  1. tempat pembuatan karpet.

Disini gak boleh poto-poto, tapi asli keren banget karpetnya. Katanya bedanya yang dibuat disini dengan yg lain, karena pake sistem double knot, bukan single knot, dimana pada kualitas ia akan jauh lebih kuat karena lebih rapat. Lalu kita dikasih tau juga cara pembuatan sampai cara mereka memproses sendiri benang-benang sutra dari kempompongnya. Dengan harga yang fantastis, pastilah sesuai dengan kualitas bahan baku yang sangat terkontrol, sampai pembuatan yang begitu rumit, dimana 1 buah karpet berukuran sedang bisa selesai dalam waktu 6 bulan dan dikerjakan oleh 1 pekerja wanita. Ketika saya iseng nanya berapa harga karpet kecil, yang saya rasa cukup lucu untuk dipajang di dinding, antic banget karena seperti lukisan kota Istanbul : harganya 25 juta aja! Hahahaa. Ya Allah, kalau saya kesini lagi, semoga saya bisa ngeborong itu karpet, skrg mah masih belum bisa, xixixiix.

Nah yang kerennya dari tempat ini, kepikiran untuk ditiru di Bandung : Pemerintah Kota sini sangat support para warganya dalam memproduksi karpet ini. Warga yang diberdayakan kebanyakan adalah perempuan, dan mereka bekerja di rumah masing-masing. Mereka diberi pelatihan, diberi modal mesin pemintal dan bahan bakunya, dan jika sudah selesai karpetnya, pemerintah bantu memasarkan salah satunya di tempat yang saya datangi ini. Mereka bikin marketing yang jor-joran dengan presentasi (plus jamuan tel apel hangatnya yang enak), para pelayan yg sangat ramah, tempat yang cozy, akses yang nyaman dan baik dan pastinyaaa persuasif yang keren (ah kalau gak tahan godaan akan sulit nolak), sampai memberikan pengantaran gratis ke semua alamat di dunia! Begitu keren sistemnya, sebenernya Bandung juga bisa memberdayakan para perajut yg di Binong Jati atau sepatu di Cibaduyut dengan cara begini, biar perekonomian dan kesejahteraan lebih baik! Semoga, ya!

  1. Lembah Merpati

Ini tempat potospot aja sebenernya, dinamakan begitu karena ada bukit-bukit batu yang dibikin jendela-jendela untuk rumah para merpati. Ada tempat jual pernak-pernik lucunya juga sih, yang sayangnya, cuman dikasih waktu 15 menit disini, dan harus meluncur lagi ke tempat selanjutnya..

  1. Makan di dalam Gua

Ini RM nama nya Indonesia bangets (lupa namanya hahaa), trus suasananya seperti di dalam gua. Oh ya, sebagian besar RM yang dikunjungi di Turki, makanannya disajikan dalam 3 babak : makanan pembuka (isinya biasanya sup dan roti, agak aneh juga which is ketika saya makan ini udah kenyang duluan hahaha), kemudian main course, yang isinya daging atau ikan, dan beberapa sayuran. Lalu ditutup oleh buah-buahan (seringnya jeruk, tapi jeruknya enaak). Disini menu utamanya adalah daging yg dimasak di dalam kendi keramik, rasanya juicy..! Sebelum kendinya dateng lampu di ruangan tiba-tiba dimatiin, jadi kayak surprised gitu!! hehehe

 

  1. Goreme Open Air Museum

Ini adalah salah satu museum yang keren, karena selain pemandangannya keren, konsepnya juga unik. Tugrul bercerita bahwa tadinya tempat ini merupakan gereja dan markasnya orang-orang Nasrani di Avianos, namun setelah dikuasai oleh umat Islam, akhirnya tempat ini ditutup dan dijadukan wisata sejarah. Begitu kita masuk ke salah satu ruangan yang berada di dalam batu-batu itu, banyak hal unik seperti ruang masak, ruang makan, tempat pemujaan dan lain-lain, tak lupa juga ornament yang menunjukkan symbol umat Nasrani seperti saint john, yesus, Bunda maria, dan lainnya. Wajib dikunjungi kalau anda ke Turki!

  1. Tempat Penjualan Batu Permata

Ini skip aja soalnya gak minat, hahahaa

  1. Tempat Penjualan Batu keramik

Disini keramik nya lucu-lucu, dan ditawarkan free shipping juga sampai ke depan pintu rumah anda (asal rumah anda di Bumi). Mereka juga mendemokan cara pembuata keramik, dan jenis-jenis keramik yg dijual didasarkan pada pembuatnya : keramik yg harganya mahal dibuat oleh pengrajin yg professional, ada yang sedang, dan ada yg murah karena dibuat oleh para pelajar yang masih newbie dalam pembuatan keramik. Kereenn.

WhatsApp Image 2018-04-09 at 15.18.17

  1. Kaymakli underground

Inilah pemberhentian terakhir di Capadoccia city tour.. pas saya kesini waktu sudah mulai masuk maghrib. Dari bis saya harus jalan masuk ke area perkampungan, dimana anak-anak sedang berkumpul dan bermain di sekitar rumah mereka. Saya bingung, dikira akan mengunjungi rumah penduduk, hehe. Ternyata kita masuk lagi ke dalam gua, dengan jalur-jalurnya yang sempit. Ini dahulunya adalah tempat persembunyian orang nasrani, di dalamnya juga ada ruangan seperti tempat masak, toilet, ruang pemujaan dan area persembunyian. Yang bikin creepy katanya disini banyak penunggunya, hihihihihi.

Setelah itu saya dan rombongan kembali ke hotel untuk makan malam, menunya enaak! Badan pastinya sudah lelah tapi masih harus packing bagasi untuk besok ke Istanbul..hahaha.

End note : gak lupa nyicip cheetos disini, sama aja rasanya, hahaha. Beli koran (titipan) juga, daan gak lupa air mineral fenomenal bermerek : BERRAK! hahahaa

Bagian 1 selesai.

Advertisements

Trip to Japan

Halo wordpress, mau berbagi hasil nge bolang saya, suami, 2 balita (5 dan 3 tahun), bayi (9 bulan) serta Ibu, keliling Tokyo 8-13 Maret. Semua persiapan (visa, hotel dll), rencana untuk perjalanan dan itin saya search dari grup Backpackers Dunia (Facebook), lengkap tersedia

Rencana di mulai dengan berburu tiket murah sejak november tahun lalu dengan memantau terus aplikasi :
SkyScanner, Travelok* dan Airpaz di HP dan akhirnya di januari dapat promo JAL via Travelok* PP (5.4 jt/orang)

Setelah dapet tiket, bikin visa via agen (karena domisili di bandung dan gak sempet ke jakarta). Setelah survey keliling di bandung, akhirnya memilih agen Panoram* (buah batu) dengan harga 425 rb/visa (selesai dalam 5 hari kerja). Untuk bukti booking hotel yang di syarat kan dalam pembuatan visa, saya ambil dari www.booking.com . Gak kena charge sama sekali karena saya buru2 cancel setelah dapet email booking grin emoticon(cari hotel yang punya free cancelation).

Memilih hotel.
Berhubung harga hotel mahal, apalagi kami berangkat dengan 3 orang dewasa, maka kami memutuskan untuk mencari apartemen. Pilihan jatuh lewat situs airbnb.com . Sebelumnya memutuskan di apartemen, saya sempat survey hostel. Namun karena kami membawa balita, pilihan hostel di cancel. Beberapa hostel juga melarang membawa anak. Ini apartemen yang kami pilih di daerah Shibuya (100 meter dari shibuya crossing):
https://www.airbnb.co.id/rooms/9355938
Hasil lobi pemiliknya, 3 orang anak di hitung jadi 1 orang dewasa grin emoticon, Apartemennya bagus dan bersih. Di samping apartemen ada lawson.Klo butuh nasi putih atau onigiri, tinggal beli dan hangatkan pake microwave.

Nyusun itenerary.
Karena bawa bayi dan balita, kami memutuskan untuk keliling tokyo plus kawaguchi.
Berikut jadwalnya :
Selasa – Mendarat di Narita, menuju apartemen dengan Bis (pertimbangan karena bawa koper 2 buah dan stroller dan perkiraan awal klo naik kereta narita ke shibuya harus ganti2 line dan ternyata perkiraan kami salah). Ini situs bis nya
http://www.limousinebus.co.jp/en/

Rabu – Pagi Ke tokyo tower (gak naik ke atas), menjelang dzuhur meluncur ke Fujiko F Fujio Museum. Masuk ke museum ini harus sesuai dengan jam yang tertera di tiket. Beli tiket museum hanya bisa di lakukan di lawson. Di museum tidak ada loket tiket. Saya membeli untuk hari rabu dengan nitip ke saudara yang lagi di jepang pada hari jumat (minggu sebelumnya), kebagian tiket masuk jam 14.00. Tiket pagi sudah gak ada.

Kamis – Rencana ke kawaguchi di cancel, karena suhu hari Rabu drop sampe 5 derajat. Akhirnya kami memutuskan keliling ke :
Pagi sampe Makan siang di Asakusa
Siang ke Akihabara, liat dan beli mainan anak di yodobashi
Sore ke Tokyo SkyTree (naik ke atas)

Jumat – Tokyo Disney Land
Kami beli tiket di travel HIS (bandung). Dapet tiket berbentuk e ticket, bebas menentukan hari kedatangan (valid selama 3 bulan sejak tanggal pembelian). Kami putuskan hari jumat dengan pertimbangan perkiraan cuaca (agak cerah di banding hari lainnya dan menghindari sabtu dan minggu) dan perkiraan kepadatan pengunjung. ini situs nya (non official)
http://www15.plala.or.jp/gcap/disney/

Sabtu – Keliling Shibuya
Sejak selasa mendarat dan menuju apartemen, kami belum sempat berkeliling shibuya. Akhirnya kami memutuskan untuk keliling shibuya di hari sabtu. Yang kami kunjungi BIC Camera (pusat elektronik : jam tangan, hape, komputer, tablet, camera), book-off (buku2 bekas yang masih bagus di jual sekitr 100-250 yen), Used Clothing Bingo (gerai sepatu, tas bekas, sebelahan dengan book-off), HnM (ada 2 gerai di sibhuya), uniqlo

Minggu – Packing dan balik menuju Narita
Saat pulang kami memutuskan menggunakan kereta Narita Express (NEX) dari Stasiun Shibuya (direct tanpa harus pindah2 line). Harga tiket lebih mahal 150 yen (3150 yen) dari pada menggunkan bus dengan waktu tempuh hanya 1 jam15 menit (saat pergi dengan bus hampir 2 jam karena macet). Sama seperti bis, anak2 tidak bayar tiket (tidak dapat tempat duduk). Namun jika bangu kosong, boleh di tempati anak2 (pengalaman bis dan NEX, bangku banyak yg kosong).

nb
ongkos naik kereta keliling2 rata 3000yen/orang untuk 2 hari.
tidak semua stasiun memiliki lift dan elevator. Jikalau ada, ketika harus pindah ke line tertentu (ganti line namun mash dalam 1 stasiun) harus dengan tangga. untuk Pastikan bawa stroller yang ringan dan mudah di lipat jika harus mengangkat2 di tangga.

the ranch lembang part.2

assalamualaikum, khalayak wordpress, hehe.. kesempatan ini saya akan nge review tempat senang2 untuk anak2 dan keluarga di lembang, namanya de ranch. ini kali ke 3 saya dan anak2 mengunjungi tempat ini. kesan pertama bersiih, kesan kedua sejuk pisan dan pemandangannya oke.., kesan ketiga anak2 hepi.. hehe 🙂

outbond

outbond bersama TK khas Daarut Tauhid

tujuan berwisata ke de ranch desember 2014 ini adalah dalam rangka acara outbond dari TK khas DT, dimana doel skrg menjadi siswa di TK A. seperti tahun sebelumnya (doel masih di kelas Playgroup), desember 2013 TK khas DT juga melakukan kunjungan ke de ranch. bosen gak siy tiap tahun kesini? eh engga ah, soalnya tempatnya bener2 memanjakan mata.. lapangan rumput yang hijau, udara bersih dan sejuk, walaupun agak2 semilir bau tai kuda dan sapi, huekekke…

LOKASI gak jauh dari pasar lembang, arah jalan sebelum maribaya

denah lengkap silakan di klik disini

TIKET MASUK hanya kisaran 5rb-10rb per kepala. setiap tiket yg sudah dibeli bisa ditukarkan dengan 1 cup susu khas de ranch (ada berbagai rasa.. yummy.. bisa ditukarkan di stand khusus susu)

ADA APA AJA banyak wahana dan permainan seru untuk anak kecil & keluarga.. yang tentunya paling hits bertemakan koboy alias perkudaan. untuk arena menunggang kuda bisa kuda besar, kuda pony kecil, atau naik delman. oya, setiap permainan bayar lagi yaa… rata-rata 20rb-35rb per permainan/orang.

FAVORIT NYA DOEL

  • main pancing-pancingan.. ada untuk ikan beneran dan ikan boongan. 20rb seorang (hiiks mahal, kalau di pasar malam gerlong cuman 5rb per org hihihi, mak irit). ikannya kecil2 pisan, susah nangkepnya.. alhasil doel malah nangkepin batu2 pakai jala kwkkw.. tapi dusuruh udahan gak mau..
IMG_8869

paling anteng kalau udah mancing2an.. 20rb se orang

  • cooking class.. udah dr rumah ngajakin terus main masak2an, alias bikin kuee.. harga tiket 35rb per orang. udah dapet adonan, cetakan, dan coklat2 buat hiasan. hmm, maklum di rumah emaknya doel gak pernah masak (atau bikin kue) gkgkkk, jadi doel dan zuran antusias sekali :-p. setelah dihias, kue dipanggang di oven selama kurleb 20 menit, tadaaa, hasilnya chocolate cookies yang enaak banget, haruum..!
IMG_8878

sama mba nya dibantuin bikin kue, emaknya motret aja

IMG_8898

cihuuyy ini kue bikinan chef abdul

  • playground. di area ini ada jungkat jangkit, prosotan, ayunan, dan mainan2 lainnya. disini mainnya gratiss loo.. kecuali main trampolin bayar lagi 20rb/orang
IMG_8907

zuran & teh winda main jungkat jangkit

  • naik delman. masih aja gak mau ditawarin naik kuda sendirian, akhirnya (always) kita bareng2 naik delman keliling area the ranch. tiket 30rb per delman. 1 keliling kira2 5 menit lah, hehee .. sebentar tapi lumayan.. banyak pemandangan indah
IMG_8922

senyuummm

  • perahu air.. lupa tiketnya, skitar 20-30rb per orang. disini boleh naik prahu di danau kecil, tapi dijalaninnya pakai tangan, hehee. lumayan pegel juga deh tangannya
  • mencari emas. ini doel blom pernah nyobain, intinya main becek2an, pura2 nyari emas di suatu kolam yang ada pasirnya. harus bawa baju ganti yaa kalau mau kesini.. hoho
  • dan masih banyak lagiii .

TEMPAT MAKAN

es lilin 20ribu dapat 5 biji, nasi timbel komplit 25rb, truss.. banyak lagi makanan lainnya yang harganya terjangkau.. bisa pakai debit BCA juga hoho..

IMG_8931

area makan de ranch

IMG_8932

area makan

KESIMPULAN

  • kalau kesini jangan lupa bawa baju ganti
  • bawa uang receh untuk bayar2 tiket wahana
  • pantau cuaca, karena wahana outdoor, kalau hujan gak seru heheu
  • tempat solat dan WC memadai
  • makan enak dan murah
  • bawa kamera yaa buat poto2
  • lebih asik kalau pagi2 kesini nya, jam 9 sudah buka
  • visit http://www.deranchlembang.com/

sekian review kali ini, smoga bermanfaat yaa 🙂

wassalamualaikum

dusun bambu, bandung

 

kamis, 15 mei adalah tanggal merah. si emaknya doel penasaran berats ama dusun bambu yg ada d bandung kabupaten sebelah barat itu, pasalnya abis kepo-in instagramnya @dianpelangi dan kata dia bagus banget pemandangannya, huehehe.

alhamdulillah, proposal keinginan disetujui pak supir, eh pak bos.. mariiii kitaaa Lets go!! 😀

berencana pagi2 sudah siap tinggal berangkat ternyata adalah keniscayaan belaka. segala urusan pagi2 keluarga rempong selalu membuat jadwal ngaret lagi dan lagi.. eh belom ke pasar. eh belom mandiin anak2. eh yang disuruh mandi malah lomba maraton dulu. eh alasan aja ah… ternyata bangunnya aja yg pada telat :-p

jam 9 pagi emaknya doeljoel, papahnya dan anak2 baru caw dari gegerkalong tengah. sepakat jalan lewat sersan bajuri, mudah2an gak macet. alhamdulillah ternyata jalanan lancar dan kami sampai dalam 1 jam perjalanan aja. antrian mengular mulai padat d sepanjang pintu masuk dusun bambu. petugas karcis menagih tiket 5000 per orang. setelah itu kami mencari parkiran, dan subhanallah… hari sudah mulai panas dan ternyata akses parkir mnuju lokasi berdebu sekali! kami gendong anak2 sambil lari2 untuk menghindari debu (heloo.. disemprot kek jalanannya wahay management dusbam? ataww di aspal kek.. heuheu)

ternyataa walaupun matahari bersinar teriik, anginnya luaar biasaa dinggin… spot yg kami datangi pertama adalah pematang sawah, kami berjalan-jalan menyusuri sawah sambil lihat-lihat bebek yg sedang berenang.

setelah itu kami berjalan ke area lain yg jalannya menanjak, dan menemukan deretan pohon-pohon pinus dengan semilir angin sepoy-sepoy yang sejuk2 dingiinn.. kami pun tiba di skywalk! wow, penuh sekali ternyata di daerah sana, nampak seperti pasar yah! pasar tongsis dan hengpon selpie! huehhehe!! skywalk dusun bambu adalah jalan seperti jembatan yg dr sanah kita bs melihat pemandangan ke arah bawah. boro2 bs lihat pemandangan, yg ada ditoel ama ibu2, mba permisi mba. hihii.. lewat aja susah. salah sendiri yaa dtgnya pas hari libur 🙂

skywalk checked, selanjutnya kami ke danaau dan naik perahu, harga tiket per orangnya 5000 rupiah saja, alhamdulillah segar melihat air danau dan doel antusias sekalii (biasanya pas d floating market jerat jerit, hehe)

 

10403097_10152406564584192_314660067173955100_n

 

10364151_815993525080464_4445505491819303799_n

 

10390167_815992508413899_4532148557712208275_n

setelah naik perahu, kami mengunjungi kebun bunga. disana panas cukup terik, tapi angin masih dingin.. doel dan zuran semangat sekali lari-lari dan metik bunga. alhamdulillah, tak terasa perut pun keroncongan. mamammm yuukk

tadinya kami mau makan di food court tempat jajanan di areal pasar khatulistiwa, tapi kokk.. penuh banget yaaa.. sempet bingung cari tempat uenak buat makan, akhirnya ngacir aja ke rumah makan yg ada disana. wow, tempatnya eksklusif dan pemandangannya indah, sudah curigasyen inih bakal mahal bayarnya :p tapi pak bos nampak setujuh, yasudah, bukan uang saya yg keluar, hihiii… eh giliran mau pesan, si mba restorannya jelasin, kalau menunya parasmanan, all u can eat begitulah.. dan tarif seorangnya.. 90ribu! waduuhh, mikir2 dulu.. menunya apaan ya? pas clingak clinguk.. ihh kok gak ada yg ngepas d lambung :p

so akhirnya di resto tersebut kita cuman pesen jus 1 gelas seharga 34000 aduh mahal sekali,, kekeke.. dan untuk memenuhi kebutuhan lahiriah kami segera caw makan ke sapulidi. hihihiiii…alhamdulillahh lebih kenyang dan nikmaD..

selesai liburan 1 hari keluarga muttaqiens, smoga bisa (sering) jalan2 lagi ke tempat2 baru!!

wassalamualaikum

 

IMG_20140529_104905 IMG_20140529_110632 IMG_20140529_112930 IMG_20140529_112957

 

 

singapore zoo!

 

IMG_7252

 

alhamdulillahh. hari ke 2 di spore, anasessa fam pergi mengunjungi Singapore zoo. kenapa pilih kesini, karena anak2 interest banget sama binatang, dan katanya tempatnya bagus dan bersih. pagi-pagi kami siap2 sarapan nasi goreng di ANANAS yang ada di bawah hotel V lavender. hihii, murah dan enak lo. selain nasi goreng ada juga tempe, tahu, ikan, we called warteg nya spore, soalnya enak, porsi banyak dan murmer :-p. setelah itu kami mandiii, dan bergegas menuju MRT.

sebelumnya kami ngunggah situs SG MRT dulu di iPad biar gak nyasar menuju tempat ini. ternyata, dari MRT lavender, cukup jauh menuju spore zoo. ganti kereta 1x lalu lanjut naik bis. kurleb 1 jam perjalanan.. bis nyaa enakk bangett euy, hehe. legaa, lapaang, bayarnya sama pakai kartu MRT juga

setelaah sampai disanaa, kita poto2 lalu antri beli tikett..

 

IMG_7258

 

IMG_7286

IMG_7263

IMG_7262

IMG_7260

IMG_7249

IMG_7273

IMG_7275

IMG_7276

IMG_7280

IMG_7284

IMG_7288

IMG_7292

IMG_7294

IMG_7295

 

20140407-205604.jpg