5 TOP TIPS tembus CPNS

Bismillah….. menindaklanjuti respon yang lumayan pada post tentang tes CPNS sebelumnya, saya mau melanjutkan dengan berbagi tips bagi rekan-rekan yang mau mengikuti dan mempersiapkan tes menjadi abdi negara… *ala saya sendiri. Mudah-mudahan bermanfaat, cekidot!

  1. Perhatikan jadwal dan pengumuman, lalu persiapan.

Mau tes apa dimana tentunya harus ada info dan pengumumannya dulu. Banyak yang melewatkan kesempatan berharga karena gak tau ada info terkait lowongan. Jangan terlalu banyak berharap pada orang lain dengan : “kalau ada info kasih tahu ya”, tapi cobalah usaha sendiri dan lebih banyak. Perhatikan pula syarat dan ketentuannya, ya!

  1. Pilih yang sesuai passion mu

Kalau jaman saya dulu (tahun 2013) : tes CPNS serentak dan kita boleh memilih beberapa instansi. Saya dulu daftar untk skitar 4 instansi namun yang masuk sampai tahap akhir hanya Kemenperin dan Pemprov DKI. Kalau kita lolos banyak instansi, kita masih bisa memilih, asik kan. Tapi tahun 2014 berubah menjadi 1 pilihan saja. Nah ini yang gemes-gemes ngeselin, kalau udah gak lolos yauda gak ada cadangan, hehe. Tapi bikin lebih fokus sepertinya.

Nah jika tahun 2018 ini hanya diperbolehkan 1 pilihan, pilihlah yang benar-benar sesuai passion ya, gak keren kalau cuman tag “yang penting lolos”. Inget jadi PNS itu seumuur hiduup (kalau gak resign ya!), jadi pilihlah yang paling bikin kamu enjoy!!

  1. Jelajahi soal

You gonna reap just what you sow. Mau lulus? Ya sana nonton ke CGV, karokean, maen di game master! Lolos kan?? Hahaha. U know what I mean. Kesuksesan itu berbanding lurus dengan usaha. Usaha, usaha, usaha aja dulu banyakin. Banyak buku-buku tes CPNS yang bagus, beli beberapa, jangan merasa sayang uang, itu kan investasi. Latihan dan terus latihan. Pertama belajar yang disuka dulu aja, baru yang sulit. Kalau saya sih, soal itungan saya entarin, karena agak pusing ya kalau liat angka. Ahhahaa.

Ambil beberapa referensi buku soal, jangan hanya 1 aja. Saya inget dulu itu buku latihan tes CPNS sampe saya bawa kemana-mana dan udah lecek banget.. lecek bukan jorok, artinya dibaca yaa!

  1. Ikut Les TPA

Atas saran seorang teman baik, skrg beliau PNS di Kementerian Kesehatan, sebagai tambahan energy untuk ngerjain soal-soal TPA di tes CPNS adalah ikutan les. Nama tempat les nya adalah http://www.gpsjakarta.com. Mangga cekidot aja ya, kalau dulu zaman saya bayarnya 300rb an, skrg inplasi pastinya. Dulu saya bela-belain deh dari Bandung PP ke Jakarta untuk ikut les disini yang diadakan dari pagi sampai sore, tapi alhamdulillahnya ngena banget, dan pengajarnya oke beraaat.

Pas akhir diadakan tes prediction soal-soal TPA, dan aneh nya saya dapet rengking 2, hahaha. Alhamdulillah.

Yang paling keingetan dari les ini adalah : “anda harus mendengarkan saya sambil ngantuk, karena itu akan masuk kealam bawah sadar, dan anda akan ingat lebih lama..” hehehee.

  1. Berdoa dan Biarkan Allah yang melanjutkan

Tips klise sih, tapi beneran ampuh. Dan mungkin karena saya orang extrovert, serta penganut faham ucapan adalah doa atau semesta mendukung, setiap mimpi selalu saya share dengan yang lain. Tidak hanya dengan keluarga, sehabat, kalau sedang berkumpul dengan teman-teman pun saya selalu “mengumbar” apa yang jadi cita-cita saya. Bahkan di medsos, buku harian, buku catatan, saya selalu menulis, merinci, bahkan membayang-bayangkannya sebelum tidur.

Selain akan meningkatkan energy positif, percaya diri, dan bismillah , mudah-mudahan doa dari yang lain akan menguatkan. Setelah kita lelah berjuang, maka biarkan doa-doa itu yang bertarung diatas sana, dan Allah lah pemberi hasil terbaik atas semua skenario-Nya.

Bagi saya yang telah sekitar 5x gagal tes CPNS (dan tes-tes kerja lainnya), saya menjadi sangat yakin dan bersyukur atas apa yang Allah tetapkan, karena yakin semua ada hikmahNya (edisi dapet hidayah, hamdalah).

Saya pernah ikut suatu training, kontennya ada sharing mengenai meraih mimpi. Seorang pemuda menuliskan 20 mimpinya di atas kertas, lalu dia pajang di kamarnya. Setiap hari dia memandang kertas itu, dan tahun-tahun berikutnya pun bergulir, ternyata tak sampai 5 tahun 20 mimpinya itu terwujud! Heii, apa karena ditulis saja jadi jreengg terkabul? Tentu tidaak dong. Tapi dengan kita tahu mimpi kita apa, kita menjadi punya bayangan apa yang harus kita lakukan dalam meraihnya, yang kemudian menjadikan lecutan, agar kertas mimpi tidak hanya berakhir di kertas, dan kemudian keberanian, untuk pantang menyerah walau banyak rintangan. Semangat itu, susah loh dapetnya. Gak boleh mengharap orang lain yang bisa memotivasi kita, tapi harus beneerrr kita sendiri yang nyulut.

Kalau dulu iseng bikin Q dan A : “ Apa yang bisa bikin kamu bersemangat?” jawaban : “ngelihat tanggal, ngitung umur, ngitung capaian : sampai kapan gini terus? Udah berapa lama sih hidup masih gini aja?”. Ya kira-kira begitu deh (kepanjangan!!).

Jadi… mulai dengan menulis besar-besar : SAYA PASTI JADI PNS. Pajang di kamar, di dapur, ruang tamu, di pager rumah juga boleh asal jangan rumah orang lain. Minta direstui orang tua dan pasangan. Niatkan yang tulus. Gagal? Coba lagi. Gagal? Coba lagi. Nyerah? Jangan. Umur udah mentok? Cari kerjaan lain yang penting mah jadi manusia bermanfaat! Setuju??

Sekian dan Terima Kasih!! SEmangat, para calon ABDI NEGARA!!

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s