Diseminasi Litbang Kota Bandung Tahun 2017

Implementasi asas desentralisasi dan otonomi daerah menuntut penyelenggaran pemerintahan daerah yang efektif serta perumusan kebijakan yang tepat agar mampu merespon perubahan lingkungan, dinamika masyarakat, perkembangan teknologi yang pesat, serta persaingan ekonomi dan pembangunan pada skala nasional, regional maupun global.
Konsekuensi dari pelaksanaan otonomi daerah adalah setiap daerah dituntut untuk mandiri dalam menentukan kebijakan dan strategi pembangunan yang sesuai dengan kondisi dan potensi daerahnya masing-masing. Kebijakan dan strategi pembangunan daerah yang tepat dan berkualitas tidak mungkin lahir tanpa didasari proses kelitbangan yang sesuai kaidah akademis serta pedoman kelitbangan yang berlaku pada pemerintahan daerah.
Pada lingkungan Pemerintah Kota Bandung kegiatan kelitbangan dikoordinasikan dan diselenggarakan oleh Bappelitbang Kota Bandung. Hasil-hasil kelitbangan yang bersifat lintas sektoral tersebut selama ini telah banyak dimanfaatkan sebagai rekomendasi dan masukan bagi pimpinan daerah dalam perumusan kebijakan pembangunan daerah serta bagi jajaran unit kerja dalam perumusan kebijakan teknis.
Kehadiran lembaga-lembaga litbang pemerintah dan non pemerintah di Kota Bandung menjadi potensi sumber daya kelitbangan yang dapat memperkuat kelitbangan pemerintah daerah. Dengan membangun jejaring komunikasi antar lembaga litbang tersebut, berbagai pihak dapat bersinergi dan berkontribusi dalam pembangunan kota. Dalam rangka hal tersebut, diperlukan ajang pertemuan yang melibatkan seluruh stakeholder kelitbangan di Kota Bandung melalui Diseminasi Litbang Kota Bandung Tahun 2017 yang mengangkat tema “Pentingnya Research Based Policy dalam Perencanaan Pembangunan Kota Bandung”.

DASAR HUKUM
 UU No. 18 Tahun 2002 tentang Sistem Nasional Penelitian, Pengembangan dan Penerapan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi.
 Peraturan Menteri Dalam Negeri No. 17 Tahun 2016 tentang Pedoman Penelitian dan Pengembangan di Lingkungan Kementerian Dalam Negeri dan Pemerintah Daerah.

TUJUAN
1. Mendiseminasikan hasil litbang kepada seluruh stakeholder terkait,
2. Meningkatkan jejaring komunikasi kerjasama antar lembaga litbang,
3. Meningkatkan pemanfaatan hasil litbang dalam perencanaan pembangunan khususnya di lingkungan Pemerintah Daerah Kota Bandung.

PENYELENGGARA
Diseminasi Litbang Kota Bandung Tahun 2017 diselenggarakan oleh Bidang Penelitian dan Pengembangan, Badan Perencanaan Pembangunan, Penelitian dan Pengembangan Kota Bandung.

PESERTA
Peserta Diseminasi Litbang Kota Bandung Tahun 2017 terdiri atas personil dari perangkat daerah di lingkungan pemerintah pusat dan daerah, akademisi, institusi litbang non pemerintah, konsultan dan media serta stakeholder kelitbangan lain.

WAKTU DAN TEMPAT PELAKSANAAN
Kegiatan Diseminasi Litbang Tahun 2017 akan dilaksanakan selama 1 (satu) hari pada:
Hari : Selasa
Tanggal : 5 Desember 2017
Waktu : 08.30-16.00
Tempat : Ballroom Hotel Grandia
Jl. Cihampelas No. 82 Bandung

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s