Diklat Fungsional Peneliti Tingkat Pertama gelombang VII 2017- Day 2

Hari kedua adalah hari yang ditunggu-tunggu, yaitu kegiatan outbound! Seru, panas, kotor-kotoran, tapi yang jelas banyak ketawa dan jadi saling kenal.

Setelah dikumpulkan di lapangan rumput, kami 1 angkatan yang terdiri atas 28 orang dibagi ke dalam 3 kelompok : biru, merah dan hijau. Saya masuk kelompok hijau bersama ketua Pak Kasubid Budi dari BKKBN, lalu ada puti dari BSN, ada Riska dari Kab. Banjar, ada Hana dari Pemprov Jabar, Pak Mardi dari Jambi, Azir dari Kab. Palalawan Riau dan Irvan dari Solok.

Pertama, kami berlomba roda gila, dengan 1 terpal yang terdiri atas 8 orang, kami harus memindahkan bola dari ujung satu ke ujung lainnya. Di sesi ini kami mendapat urutan 2, yang menang kelompok Merah.

Setelah itu kami dipecah ke 3 pos, pos pertama kelompok hijau adalah “Ekspedisi Malaka” yang terdiri atas pulau buaya, pulau ular, pulau naga. Esensinya adalah mikirr… Β haha. ketika memindahkan ember pakai tongkat melewati tali di pulau ular, embernya jatuh dua kali karena gak sabaran :D. Peran ketua kelompok penting banget disini, team harus selalu dimotivasi dan diarahkan.

Selanjutnya, kelompok hijau ke pos tong bocor. basaahh basaahh kotoorr…

WhatsApp Image 2017-09-19 at 12.35.35 PM.jpeg

di pos tong bocor ini, kami diharuskan mengisi tong yang ada 16 bolongan dari atas sampai bawah, tugas kami mengeluarkan bola kecil yang ada di dalamnya, dengan batas waktu tertentu. Tong itu harus penuh diisi air, dan kami ber-8 harus menutupnya agar tidak bocor (dengan seluruh anggota tubuh hahaha). 6 orang di tim kami bertugas menutup lubang-lubang, 2 lainnya (pak ketu dan irvan, yang paling tinggi diantara kita pokonya) bertugas mengambil air dari danau gak jelas, heuu… mudah-mudahan itu danau gak dipakai aneh-aneh ya Β πŸ˜€

percobaan pertama gagal, waktunya terlalu lama dan bolanya belum keluar. percobaan kedua, masih gagal. sebelum percobaan ke-3, fasilitatornya ngasih clue, kasian kali ama ama kita yang udah basah kuyup coklat gak jelas. katanya, coba ditutup sambil duduk. akhirnya riska dan azir berkorban, mereka duduk di bawah, nutupin lubang yang paling bawah dengan kuat, dan yippiii akhirnya berhasil! menskipun bukan waktu tercepat tapi seneng dan puas bisa ngeluarin bola πŸ˜€

perjuangan belum berakhir, kelompok hijau menuju pos ke-3.

di pos ini kami harus mindahin gelas pakai kain terbentang dan melewati rintangan. baju sudah basah, tapi tim tetap semangat! disini kami dilatih untuk sabar, kompak, dan seriuss liatin gelasss.. hehe

masih di pos yang sama, tantangan selanjutnya menggiring bola gila ke lubang-lubang yang sudah ditentukan. hihiii yang ini gemess banget nyelesainnya.. πŸ˜€ setelah diulang 3x akhirnya kita mendapat waktu terbaik! Semangat banget!!

dan tantangan terakhir adalah… perang bintaang, eh perang airr.. hehe, seruu banget, walaupun kalah telak πŸ˜€

DSCN5936

alhamdulillah, ini rasanya hari yang paling seru dan lepas dalam 26 hari Diklat Peneliti Pertama hihihi, sampai request ke panitia biar outboundnya dijadiin 2 hari (ngarep! karena cuman hari ini, gak usah pake mikir :-p ). Walaupun akhirnya grup IJO dapat juara 2 (yang juara utama kelompok merah), pastinya kita tetap HEPI DAN CIHUY! πŸ˜€ terimakasih teman-teman untuk saat-saat yang selalu menggembirakan!