Potensi Wisata Kota Bandung

Bandung merupakan salah satu kota yang tidak memiliki sumber daya alam dan energi, yang menonjol adalah sumber daya manusianya. Sehingga, Kota Bandung didominasi oleh sektor jasa seperti pariwisata dan industri kreatif. Perkembangan pusat perdagangan khususnya wisata kuliner dan factory outlet merupakan keunggulan Kota Bandung dibandingkan dengan kota-kota lainnya di Indonesia. Bandung juga dikenal sebagai pusat pendidikan menjadi daya tarik tersendiri bagi para pendatang karena Perguruan Tinggi Negeri (PTN) dan Perguruan Tinggi Swasta (PTS) yang ada cukup dikenal baik di dalam maupun di luar negeri.

Pariwisata merupakan andalan Kota Bandung yang berkontribusi secara signifikan terhadap perekonomian. Hal ini sesuai dengan data bahwa pariwisata merupakan penyumbang terbesar dari Produk Domestik Regional Bruto (PDRB) Kota Bandung. PDRB Kota Bandung pada tahun 2014 sebesar Rp.138,90 trilyun, atau Rp.172,63 trilyun bila dihitung berdasarkan harga berlaku, dengan 27.79% berasal dari sektor perdagangan besar dan eceran, dimana didalamnya termasuk sektor pariwisata (BPS Kota Bandung, 2015).

Dilihat dari posisinya, Kota Bandung memiliki kemudahan akses oleh kota-kota besar lain di Indonesia dan dunia internasional, yang dapat ditempuh lewat jalur darat, kereta api maupun udara. Keberadaan Tol Cipularang telah mengakibatkan volume arus lalu lintas dan tingkat mobilitas penduduk antara Jakarta-Bandung dan daerah sekitarnya menjadi cukup tinggi, sehingga telah meningkatkan jumlah kunjungan wisatawan dan tingkat hunian hotel di Kota Bandung.

Kondisi alam juga mendukung keindahan Kota Bandung, dengan iklim yang sejuk, dan topografi daerahnya yang dikelilingi pegunungan. Selama tahun 2014, tercatat 3.897.429 wisatawan datang ke Kota Bandung, yang terdiri dari 3.726.447 wisatawan domestik dari 170.982 wisatawan mancanegara (Data Basis Pembangunan Kota Bandung, Bappeda 2015). Produk wisata MICE, wisata belanja dan wisata berbasis pendidikan/edukasi menjadi unggulan utama Kota Bandung.

Terdapat berbagai macam objek wisata di Kota Bandung berupa taman, museum, tempat pertunjukan, wisata rohani, wisata keluarga, dan lain-lain. Sesuai yang tertera pada Gambar dibawah, objek wisata yang paling banyak dikunjungi wisatawan di Kota Bandung adalah Kebun Binatang Bandung (29.30%), Museum Geologi (20.35%) dan Karang Setra (16.03%). Adapun lokasi wisata yang paling banyak dikunjungi wisatawan adalah mancanegara adalah Saung Angklung Ujo.

Potensi Pariwisata Kota Bandung yang lainnya adalah produk MICE (Meeting, Incentive, Convention, dan Exhibition). Kota Bandung, yang dekat dengan wilayah Jakarta, dinilai sebagai kota tujuan yang membuka peluang besar bisnis MICE di Indonesia. Menurut data, Bandung merupakan kota kedua dalam top bisnis MICE di Indonesia setelah Bali, bila dihitung dari jumlah atau frekuensi pelaksanaan MICE. Faktor pendorong tumbuhnya bisnis MICE adalah baiknya perekonomian di Jawa Barat, yang meningkat 5.5% , ketersediaan fasilitas, dan akses yang mudah. Selain itu, pembangunan Bandung Teknopolis diharapkan dapat ikut mendorong peningkatan bisnis MICE dan turut berkontribusi pada peningkatan perekonomian.

Terdapat juga beberapa permasalahan terkait dengan belum optimalnya pengembangan destinasi pariwisata Kota Bandung  kearah peningkatan ekonomi masyarakat. Kegiatan pariwisata seharusnya dapat menghasilkan multiple efek, baik bagi pemerintah maupun bagi masyarakat Kota Bandung. Salah satu dampak ekonomi dari pariwisata bagi perekonomian masyarakat adalah muncul dan berkembangnya usaha-usaha mikro menengah sebagai penunjang ekonomi warga, munculnya berbagai komunitas yang mampu memberikan sumbangan terhadap ketahanan ekonomi, serta munculnya solidaritas kelompok yang mendukung pembangunan swadaya masyarakat, sebagai contoh munculnya kampung-kampung wisata/kreatif.

untitled-report_10609538_c2178c74a169d79bb6bde482650c6c27c7891d54

 

 

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s