Inovasi Daerah Kota Bandung

Inovasi menjadi kunci dalam memenangkan persaingan yang semakin ketat. Hal ini sejalan dengan program prioritas Presiden RI pada Nawacita Ke-7 yaitu mewujudkan kemandirian ekonomi dengan menggerakkan sektor-sektor strategis ekonomi domestik. Dalam persaingan ekonomi global, mutlak dibutuhkan suatu kemampuan teknologi dalam mengolah sumber daya secara inovatif, untuk meningkatkan nilai tambah ekonomi dan mendistribusikan nilai tambah tersebut secara adil. Penguasaan teknologi dibutuhkan sebagai basis peningkatan daya saing dalam penciptaan nilai tambah ekonomi serta kesejahteraan masyarakat.

Pengertian inovasi berdasarkan UU No. 23 Tahun 2014 adalah semua bentuk pembaharuan dalam penyelenggaraan urusan pemerintahan daerah. Pada era globalisasi dan otonomi daerah ini, peranan inovasi daerah sangat penting dalam rangka percepatan pembangunan daerah. Inovasi daerah juga menjadi tumpuan untuk mendongkrak daya saing daerah, terutama dalam kompetisi global, perluasan jejaring, pengelolaan sumber daya manusia yang kolaboratif dan menggiring perubahan kepada ekonomi berbasis pengetahuan.

Pencapaian kemandirian dan daya saing nasional harus diawali dengan penciptaan iklim kondusif serta pemberian ruang dinamis yang luas di daerah. Potensi kearifan lokal di daerah harus dikembangkan sebagai bagian dari penguatan daya saing bangsa. Hal ini bertujuan untuk mendorong pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi sebagai dasar peningkatan iklim inovasi secara holistik.

Salah satu cara efektif dalam peningkatan iklim inovasi di daerah adalah dengan memperkuat sistem inovasi daerah atau SIDa. Sistem inovasi daerah merupakan keseluruhan proses dalam satu sistem untuk menumbuhkembangkan inovasi yang dilakukan antar institusi pemerintahan/ pemerintah daerah, lembaga pendidikan atau lembaga penunjang inovasi, dunia usaha, dan masyarakat atau dikenal dengan interaksi ABG’S (Academy, Buissness, Government and society), dengan SIDa yang kuat, diharapkan kreativitas dapat bangkit dan produk suatu daerah dapat bersaing dengan daerah lainnya, bahkan dapat sukses di dalam persaingan global.

Di era otonomi daerah ini, Pemerintah Kabupaten/Kota diharapkan dapat menjamin kesiapan sistem yang berupa kriteria dan tata cara penyelenggaraan serta tahapan inovasi daerah dalam peningkatan pelayanan dan kinerja daerah. Oleh sebab itu, Kota Bandung memerlukan roadmap mengenai pelaksanaan inovasi daerah, serta perumusan strategi dan arah kebijakan dalam penyelenggaraan inovasi.

Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) Republik Indonesia telah memberikan apresiasi terhadap sistem inovasi pelayanan publik (Sinovik) yang dilakukan oleh Pemerintah Kota Bandung, dengan dimasukannya sebagai top 99 inovasi pelayanan publik tahun 2016. Inovasi sosial terbaik dari kota bandung adalah : 1) omaba (ojek makanan balita) yaitu delivery service makanan sehat untuk balita kurang gizi yang berasal dari kebun urban farming yang dikelola masyarakat; 2) from zero to hero : “membangun generasi cinta sehat di sekolah yang siap membangun negeri” yaitu program kolaborasi dengan masyarakat dalam menjadikan sekolah sehat, salah satunya dengan perbaikan kamar mandi sekolah.

Pengembangan inovasi sudah menjadi bagian dari RPJMD Kota Bandung 2013-2018, dimana inovasi tersebut condong pada peningkatan ekonomi, terutama ekonomi kreatif. Kota Bandung sebagai kota kreatif yang memiliki pusat pendidikan terbaik di indonesia, beragam komunitas yang berkualitas, serta pariwisata yang semakin berkembang dan menjanjikan, diharapkan dapat terus melahirkan inovasi-inovasi yang dapat meningkatkan pertumbuhan ekonomi, kesejahteraan masyarakat, perbaikan lingkungan yang semakin lestari serta kehidupan sosial yang harmonis.

 

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s