Potensi Kota Bandung di Sektor Musik, Desain dan Kuliner

Dengan didominasi oleh penduduk usia muda, Kota Bandung memiliki beragam komunitas yang kreatif dan produktif. Dalam 10 tahun terakhir, industri kreatif di Bandung menunjukkan perkembangan signifikan dan mempengaruhi tren anak muda.  Bandung pun menjelma menjadi salah satu kota kreatif terbaik di Indonesia, dimana sektor ekonomi kreatif menjadi penyumbang pendapatan daerah terbesar.

Ekspektasi masyarakat global terhadap pertumbuhan ekonomi kreatif di Kota Bandung sangat tinggi.  Hal ini menuntut agresivitas pemerintah dalam menggerakkan sektor ekonomi kreatif, dimana secara nasional telah menyerap 11,872 persen dari total keseluruhan serapan tenaga kerja nasional, yang secara faktual merupakan lahan pekerjaan baru yang menjanjikan bagi para tenaga muda yang membutuhkan lahan kreasi untuk mengekspresikan karya nyata dalam proses pembangunan.

Sub sektor kreatif yang menonjol di Kota Bandung adalah Musik, Desain dan Kuliner, dimana sektor tersebut juga telah mengangkat Bandung di kancah nasional maupun internasional. Seni dan budaya yang memiliki akar cukup kuat di Kota Bandung adalah subsektor musik, sehingga banyak yang menyebut Kota Bandung sebagai barometer industri musik nasional. Potensi berkembangnya musik Kota Bandung yang kuat terlihat dari maraknya kegiatan musik Karang Taruna pada peringatan 17 Agustusan. Bandung melimpah dengan komunitas musik serta beraneka ragam jenis musiknya, juga memiliki daya tarik sejarah musik beserta talenta-talenta yang berbakat.

Pada  tahun 2015, Kota Bandung terpilih menjadi salah satu kota yang bergabung dalam jaringan UNESCO Creative City sebagai kota desain dunia. Hal ini menunjukkan bahwa adanya pengakuan dunia akan potensi Kota Bandung dalam subsektor desain. Bandung menjadi kota kreatif di bidang desain dilihat dari desain kota yang berpola garden city Eropa dan bangunan art deco.

Bandung sebagai kota di Indonesia juga terkenal sebagai kota kuliner, yang menyuguhkan berbagai macam kudapan nasional maupun internasional yang selain lezat juga kreatif. Kreativitas di bidang kuliner dapat dilihat dari olahan makanan yang disajikan, nama-nama menu yang unik, serta packaging yang menarik. Menjamurnya berbagai rumah makan dan Café menunjukkan Kota Bandung memiliki daya Tarik yang tinggi di sektor kuliner. Begitu pula, culinary night  yang merupakan satu kegiatan malam mingguan di Kota Bandung yang menyajikan berbagai macam kuliner lokal yang tersebar di  kecamatan-kecamatan.

Pemerintah Kota Bandung tentunya memiliki tanggung jawab dalam menumbuh kembangkan iklim kreatif. Pembangunan kebudayaan diharapkan menjadi poin utama ketika akan mengedepankan ekonomi berbasis kreativitas, dan harus didukung oleh kebijakan yang mengarah pada pengembangan seni dan budaya. Potensi Kota Bandung yang telah dimiliki selama ini yaitu talenta muda yang berlimpah, perguruan tinggi yang berkualitas, serta karakteristik masyarakat yang terbuka terhadap perubahan mampu memacu dan mendukung generasi muda lebih berkreasi dan terjun ke dunia usaha.

Oleh karena itu, selain perlu pembenahan dari perencanaan di Pemerintah Kota yang mengarah pada program kegiatan yang mendukung penggeliatan sektor-sektor kreatif, diperlukan pula basis data yang kuat dalam menentukan arah kebijakan yang tepat. Kota Bandung telah memiliki potensi ratusan komunitas kreatif,sehingga yang dibutuhkan saat ini adalah kolaborasi antar lembaga pemerintah, komunitas, masyarakat, dan pemilik modal untuk dapat mendukung kreativitas ke arah pembangunan manusia dan ekonomi yang berkualitas. Kota Bandung telah memiliki warisan iklim kreativitasnya sendiri, sehingga Pemerintah harus merangkul, berkoordinasi dan mengelaborasikannya untuk meningkatkan kesejahteraan serta kebahagiaan warganya.

images

 

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s