Mendidik dengan kekuatan fitrah

Saat Nice Home Work 1, saya memilih ilmu lingkungan untuk dikembangkan di Universitas Kehidupan saya, namun seiring dengan hasil perenungan dan berbagai materi yang didapat di grup 30 day writing challenge yang saya ikuti,maka saya mengganti ilmu yang dipilih menjadi Ilmu Kepenulisan, karena dengan menulis kita dapat terus berkreasi dan berbagi inspirasi. Mengutip kata Deta Silvia : “ Tulisan adalah harta yang tak ternilai harganya, dan ketika kita meninggal, mereka akan mengenangmu melalui tulisanmu. Menulislah, agar kau tetap hidup abadi dalam tulisan-tulisanmu”.

Konsistensi pada Nice Homework 2, masih turun naik, diakibatkan niat yang belum penuh, dan konsentrasi lebih besar porsinya untuk mengisi amalan bulan Ramadhan (EXCUSE YES.. :p). Inshaa allah checklist ini akan saya print dan saya pajang di kamar, di tempat yang setiap hari bisa saya lihat, sebagai pengingat dan pemacu semangat. Saya juga akan lebih banyak berkomunikasi dengan suami dalam menciptakan strategi-strategi yang akan mendukung visi keluarga yang barokah.

Allah menciptakan kita di muka bumi ini sebagai penyebar manfaat dan penuai kebaikan, sehingga tidak membanggakan apabila kita baik hanya sendirian. Saya selalu ingin menjadi virus penyebar kebaikan dan manfaat dimanapun. Maka dari itu, bidang yang ingin saya kuasai adalah kepenulisan, karena dengan tulisan kita mampu menyebarkan inspirasi, mengubah paradigma hingga mengubah dunia. Hal yang menarik dari menulis adalah, menulis membuat kita terus berusaha dan bekerja. Tidak ada tulisan yang baik tanpa pembelajaran, tidak ada ide yang muncul tanpa banyak membaca, mendengar, melihat dan merasakan. Sehingga dengan menulis, kita terdorong untuk lebih banyak belajar, membaca, membuka mata, serta berempati pada sekeliling kita.Hal ini juga berkaitan erat dengan pekerjaan saya di kantor sebagai peneliti di Pemerintah Kota Bandung. Bukan pekerjaan yang ringan, karena harus didorong oleh semangat untuk terus belajar dan membaca. Ini adalah sebuah tantangan. Tanpa tantangan, hidup kita tidak akan maju, jangan mau seperti sepeda statis yang hanya berjalan di tempat.

Maka dari itu, ilmu-ilmu yang diperlukan untuk menjalankan misi menjadi seorang penulis yang baik :

  • Mengikuti kelas menulis secara konsisten dan semangat
  • Banyak membaca dan meraup info tentang kepenulisan
  • Rutin menulis : bisa karena biasa. Terapkan prinsip time management, tak ada alasan untuk tidak sempat menulis
  • Kembangkan ilmu kreativitas untuk menulis non fiksi dan puisi

Goal yang ingin saya capai terkait kelimuan tersebut :

  • Menerbitkan jurnal karya ilmiah minimal 1 tahun 1 kali
  • Mengisi kolom di surat kabar / majalah
  • Memiliki buku kumpulan Cerpen
  • Peningkatan jumlah pengunjung yang signifikan pada blog pribadi saya

Milestone dalam kehidupan untuk ilmu yang akan saya geluti, yaitu :

Tahun 1 : Menguasai Ilmu Pengembangan Kreativitas dan Time Management
Tahun 2 : Menguasai Ilmu Penulisan Karya Ilmiah
Tahun 3 : Menguasai Ilmu Kepenulisan
Tahun 4 : Menguasai Ilmu Penerbitan Karya Ilmiah dan Buku

Bismillah, dimana ada niat disitulah ada jalan. Semoga niat baik akan membawa kebaikan dan manfaat.

Wassalamualaikum, wr. Wb

Hanya seorang ibu, istri dan anak yang ingin terus belajar hingga akhir hayat.

 

19021987_1614662138546928_1487621078_n

Leave a Reply

