Bahagia

Seorang teman ketika suatu siang kami berdua di mobilnya bercerita,  tentang rasa setelah ibunya meninggalkannya. 

Rasanya hidup saya tidak semakin baik. Dan walau sudah 4 tahun berlalu,  masih tetap sakit

Kata katanya setelah itu selalu terngiang. Menggelitik saya,  dan membuat suatu pemikiran = ternyata saya juga. 

Ketika berbicara hidup setelah bapak meninggal,  semuanya tidak lagi sama.  Berat,  perih,  bahkan rasanya saya ingin pergi meninggalkan  bandung agar saya bisa lebih bahagia. 

Ketika hati ini optimis hidup akan baik. Ketika percaya pintu akan terbuka lebar, saya merasa sombong.   Karena kenyataannya rentetan hal getir terus datang.  hati kurang ikhlas,  sumbu sabar yang semakin pendek.

Ah,  saya memang pengecut.  Tidak berani menatap kenyataan dengan berani.  Bahkan ketika bapak tergolek di icu saya kabur.  Saya tidak mau nelihat bapak.  Saya tidak mau menerima kenyataan bahwa bapak tidak berdaya.  Saya tidak sudi,  tidak menerima kalau allah meneruskan sakitnya bapak hingga meninggal nya. 

Ketika saudara lain bersikap pasrah ketika bapak kritis,  saya tidak mau.  Saya yakin bapak sehat lagi.  Ceria lagi.  Bercanda lagi.  Jalan jalan pagi lagi.  Pergi ke kantor bareng lagi.  Belanja bareng lagi. Saya optimis  bahkan terlalu optimis sampai saya tidak percaya bapak sudah tidak ada. 

Saya menyampahi diri saya yang begitu sombong. Bermalam malam tidak bisa tidur. Pelarian dengan menyibukkan diri di kantor.  Masih belum bisa ikhlas,  bahkan masih bertanya tanya.  Mengapa saya yang harus diberi penderitaan ini? 

Bahagia ya bahagia.  Saya hanya ingin bahagia.  Siapa yang mau menderita? 

Bahagia ya bahagia,  

Mungkin untuk bisa bahagia.  Saya harus menurukan standar kebahagiaan untuk hidup saya
Mei 2017

Tengah malam yang lelah

Leave a Reply

