Trip to Japan

Halo wordpress, mau berbagi hasil nge bolang saya, suami, 2 balita (5 dan 3 tahun), bayi (9 bulan) serta Ibu, keliling Tokyo 8-13 Maret. Semua persiapan (visa, hotel dll), rencana untuk perjalanan dan itin saya search dari grup Backpackers Dunia (Facebook), lengkap tersedia

Rencana di mulai dengan berburu tiket murah sejak november tahun lalu dengan memantau terus aplikasi :
SkyScanner, Travelok* dan Airpaz di HP dan akhirnya di januari dapat promo JAL via Travelok* PP (5.4 jt/orang)

Setelah dapet tiket, bikin visa via agen (karena domisili di bandung dan gak sempet ke jakarta). Setelah survey keliling di bandung, akhirnya memilih agen Panoram* (buah batu) dengan harga 425 rb/visa (selesai dalam 5 hari kerja). Untuk bukti booking hotel yang di syarat kan dalam pembuatan visa, saya ambil dari www.booking.com . Gak kena charge sama sekali karena saya buru2 cancel setelah dapet email booking grin emoticon(cari hotel yang punya free cancelation).

Memilih hotel.
Berhubung harga hotel mahal, apalagi kami berangkat dengan 3 orang dewasa, maka kami memutuskan untuk mencari apartemen. Pilihan jatuh lewat situs airbnb.com . Sebelumnya memutuskan di apartemen, saya sempat survey hostel. Namun karena kami membawa balita, pilihan hostel di cancel. Beberapa hostel juga melarang membawa anak. Ini apartemen yang kami pilih di daerah Shibuya (100 meter dari shibuya crossing):
https://www.airbnb.co.id/rooms/9355938
Hasil lobi pemiliknya, 3 orang anak di hitung jadi 1 orang dewasa grin emoticon, Apartemennya bagus dan bersih. Di samping apartemen ada lawson.Klo butuh nasi putih atau onigiri, tinggal beli dan hangatkan pake microwave.

Nyusun itenerary.
Karena bawa bayi dan balita, kami memutuskan untuk keliling tokyo plus kawaguchi.
Berikut jadwalnya :
Selasa – Mendarat di Narita, menuju apartemen dengan Bis (pertimbangan karena bawa koper 2 buah dan stroller dan perkiraan awal klo naik kereta narita ke shibuya harus ganti2 line dan ternyata perkiraan kami salah). Ini situs bis nya
http://www.limousinebus.co.jp/en/

Rabu – Pagi Ke tokyo tower (gak naik ke atas), menjelang dzuhur meluncur ke Fujiko F Fujio Museum. Masuk ke museum ini harus sesuai dengan jam yang tertera di tiket. Beli tiket museum hanya bisa di lakukan di lawson. Di museum tidak ada loket tiket. Saya membeli untuk hari rabu dengan nitip ke saudara yang lagi di jepang pada hari jumat (minggu sebelumnya), kebagian tiket masuk jam 14.00. Tiket pagi sudah gak ada.

Kamis – Rencana ke kawaguchi di cancel, karena suhu hari Rabu drop sampe 5 derajat. Akhirnya kami memutuskan keliling ke :
Pagi sampe Makan siang di Asakusa
Siang ke Akihabara, liat dan beli mainan anak di yodobashi
Sore ke Tokyo SkyTree (naik ke atas)

Jumat – Tokyo Disney Land
Kami beli tiket di travel HIS (bandung). Dapet tiket berbentuk e ticket, bebas menentukan hari kedatangan (valid selama 3 bulan sejak tanggal pembelian). Kami putuskan hari jumat dengan pertimbangan perkiraan cuaca (agak cerah di banding hari lainnya dan menghindari sabtu dan minggu) dan perkiraan kepadatan pengunjung. ini situs nya (non official)
http://www15.plala.or.jp/gcap/disney/

Sabtu – Keliling Shibuya
Sejak selasa mendarat dan menuju apartemen, kami belum sempat berkeliling shibuya. Akhirnya kami memutuskan untuk keliling shibuya di hari sabtu. Yang kami kunjungi BIC Camera (pusat elektronik : jam tangan, hape, komputer, tablet, camera), book-off (buku2 bekas yang masih bagus di jual sekitr 100-250 yen), Used Clothing Bingo (gerai sepatu, tas bekas, sebelahan dengan book-off), HnM (ada 2 gerai di sibhuya), uniqlo

Minggu – Packing dan balik menuju Narita
Saat pulang kami memutuskan menggunakan kereta Narita Express (NEX) dari Stasiun Shibuya (direct tanpa harus pindah2 line). Harga tiket lebih mahal 150 yen (3150 yen) dari pada menggunkan bus dengan waktu tempuh hanya 1 jam15 menit (saat pergi dengan bus hampir 2 jam karena macet). Sama seperti bis, anak2 tidak bayar tiket (tidak dapat tempat duduk). Namun jika bangu kosong, boleh di tempati anak2 (pengalaman bis dan NEX, bangku banyak yg kosong).

nb
ongkos naik kereta keliling2 rata 3000yen/orang untuk 2 hari.
tidak semua stasiun memiliki lift dan elevator. Jikalau ada, ketika harus pindah ke line tertentu (ganti line namun mash dalam 1 stasiun) harus dengan tangga. untuk Pastikan bawa stroller yang ringan dan mudah di lipat jika harus mengangkat2 di tangga.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s