Tata cara pemberkasan dokumen CPNS

Assalamualaikum..

Berikut dokumen dokumen yang biasa dibutuhkan untuk pemberkasan CPNS :

1. Legalisir Ijazah dan transkrip pendidikan terakhir

Ada instansi yang mengharuskan legalisir dengan batas tanggal tandatangan pejabat berwenang maksimal 2 tahun. Jika ijazah dan transkrip anda sudah terlalu lama mendekam di lemari (hehe), maka diharuskan melegalisir ulang ke prodi univ masing masing.

2. DAFTAR RIWAYAT HIDUP

Seperti CV, namun kadang lebih detail. Setiap instansi biasanya memberikan template DRH yang harus diisi.
Instansi x bandung mengharuskan mengisi kolom tabel no. STTB Ijazah pendidikan dari SD hingga kuliah. Oleh sebab itu, jangan sampai ada ijazah pendidikan yang hilang.

3. Kartu kuning / kartu tanda pencari pekerjaan

image

Tempat pembuatan : DINAS TENAGA KERJA KOTA BANDUNG, jl.martanegara no.4 buahbatu bandung (deket turangga)

Persyaratan :
Paspoto 3×4 berwarna 1 buah
Potokopi KTP 1
Potokopi ijazah terakhir 1

Setelah mengisi daftar hadir dan identitas (nama, alamat, hp, email, pendidikan terakhir, ipk, tinggi badan, berat badan), anda akan berhadapan dengan petugas pembuat kartu. Setelah itu kartu akan langsung dicetak dan diperlihatkan pd anda bila ada kesalahan yang harus diperbaiki.

Kasus saya pas dicetak, tertulis kelamin saya laki-laki (haiyaahh..padahal cantik begini pak). Petugas pun mencetak ulang.

Setelah dicap dan ditandatangan, potokopilah sebanyak 10 lembar (tukang potokopi belakang gedung) lalu kembali lagi ke tempat untuk legalisir. Biasanya diminta “uang cape” seikhlasnya. Kalau gak ikhlas gak usah ngasih ya.

Perlu diingat jika KTP anda bukan kota bandung pembuatan kartu kuning harus dilakukan di kantor sesuai KTP

4. SKCK (surat keterangan dan catatan kepolisian)

Untuk mengurus surat ini anda harus spare waktu yang cukup panjang.

Ingat surat ini berlaku hanya beberapa bulan . Jika anda sudah pernah membuat sebelumnya, anda bisa langsung memperpanjangnya di polwiltabes bandung.

Jika belum, maka Tahapannya sebagai berikut :

1. Datang ke RT setempat dan ajukan pembuatan SKCK. Maka pak RT akan memberikan form pengisian skck. Isinya adalah data diri serta keterangan anda orang baikbaik suka menabung dan tidak sombong dari kepala-kepala : RT,RW DAN LURAH yang sesuai KTP.

Yang dibutuhkan : paspoto 3×4, materai 6000, potokopi ktp.

Setelah selesai, anda diharuskan ke polsek kecamatan sesuai ktp anda. Dan mengajukan pembuatan skck.

Dibutuhkan : pulpen untuk mengisi isian yang cukup panjang, paspoto berwarna (lupa size berapa saja), surat keterangan RT RW LURAH, uang sedekah, potokopi KTP.

Biasanya skck pertama dari polsek kecamatan ini selesai cukup cepat (di hari yang sama). Setelah ini anda bisa langsung ke polwiltabes.

image

Anda harus pagi2 pergi ke tempat yang namanya polwiltabes bandung.

POLWILTABES BANDUNG
Alamat jl merdeka sebrang balai kota bandung

Karena niscaya jika anda bawa mobil anda akan susah sekali parkir heuheu… dan suasananya penuh antrian. Maklum di tempat ini banyak para pembuat SIM.

1. Pergilah ke tempat yang bernama ruang sidik jari. Berada di dalam dekat lokasi lapangan tes mengemudi.
Anda akan kembali mengisi kertas yang harus diisi seperti nama, alamat, no ktp, alasan pembuatan skck, dsb.
Berikan 3×4 poto berwarna 2 lembar dan kartu skck polres kecamatan.

Tunggu antrian. Jari anda ke 10 nya akan dicap oleh petugas dengan tinta (bukan jari kaki yah). Dipastikan tangan anda akan ngabelegbeg hideung setelah proses ini. Bersihkan lah pakai tisu.

Setelah selesai petugas akan membubuhkan rumus sidik jari di kartu skck polres kecamatan anda.

2. Lalu pergilah ke loket pembuatan skck. Lokasinya di gedung sebelah samping (dekat parkiran). Anda akan diberikan lembaran isian (ngisi lagi ngisi lagi).

Setelah selesay diisi berikan kembali pada petugas beserta paspoto size 4×6 4 lembar berwarna dan uang 20rb.

Skck akan jadi dalam beberapa jam . Jika anda masukkan sebelum makan siang (pagi) biasanya jam 2 sudah beres. Jika anda masukkan data setelah makan siang mungkin beresnya besoknya.

rangkuman info dari polwiltabes

membuat skck
1. Fotocopy ktp baru
2. Fotocopy KK
3. Surat keterangan dari RT RW kelurahan kecamatan dan polsek kecamatan
4. Paspoto 4×6 berwarna 4 lembar
5. Paspoto 2×3 berwarna 1 lembar
6. Sidik jari

membuat surat rekomendasi ke luar negeri
1. Fotocopy ktp
2. Fotocopy KK
3. Surat pengantar dari RT RW kelurahan kecamatan polsek kecamatan
4. Fotocopy paspor
5. Fotocopy akte
6. Paspoto latar belakang merah 4×6 : 6 buah, 2×3 : 2 buah

perpanjang SKCK
1. Fotokopi ktp
2. Fotokopi skck legalisir/asli
3. Pengantar dari kelurahan
4. Paspoto berwarna 4×6 : 2 lembar, 2×3 :1 lembar

5. Surat bebas narkoba

Bisa dilakukan di 2 tempat, RSHS atau dinas kesehatan.

Berikut rincian untuk RSHS

image

Karena kenyamanan dan lain sebagainya saya memilih tes bebas narkoba di dinas kesehatan (juga relatif lebih sepi, dan lebih murah jugaa loo).

Dinas kesehatan kota bandung
Jl supratman no 73 Bandung, sebrang pusdai, sebelah RM alas daun.

Syarat yang dibutuhkan :
Potokopi KTP
Uang 135rb
Sampel urin

Pergilah ke gedung Laboratorium kesehatan di dinas kesehatan. Daftar , lalu membayar sebesar 135rb. Anda akan diberi botol sampel urin. Menuju wc dan isi botol tersebut setengahnya, taruh di tempat yg disediakan. Hasil lab akan selesai kira2 4-5 jam .

image

6. Surat keterangan sehat

Ini bisa dilakukan bersamaan dengan surat bebas narkoba. Jika dilakukan di dinkes, setelah memberikan sampel urin anda kembali ke meja pendaftaran. Disana ada petugas yang akan memerika anda. Diukur pula tinggi dan berat badan.

image

Tidak usah membayar lagi karena harga sudah sepaket.
Surat ini langsung jadi. Jangan lupa potokopi dan legalisir ya.. (untuk semua dokumen pun).

Katanya kalau melakukan tes kesehatan di rshs akan ada tes butawarna . Kalau di dinkes tidak dilakukan.

7. Surat sehat rohani

Agak2 aneh juga mesti membuat surat keterangan waras seperti ini. Tapi kan malu ah negara kalau pns nya ada yg gelo.

Bisa dilakukan di RSUD ujungberung atau di RSHS . Hyaah saya langsung negatip tingking kalau mendengar kata RSHS. yang terbayang adalah susah parkir dan antri.

Dan yaah benar saja, dengan kesotoyan saya pergi ke rshs dengan mobil, tiba disana jam 10 pagi dan mengabiskan 2 jam untuk keliling2 dan puter2 cari parkir…wkwkkw. akhirnya besoknya saya ke rshs lagi dianter motor.

Ketika sampai, saya harus kliling2 lagi karena gejee dimanakah ini tempat tes nya.. lokasinya yang gede (banget) bikin linglung . Dan ternyataa kita harus melakukan pendaftaran dulu di loket , dan bayar uang pendaftaran 25rb.

Ketentuan ada di poto di atas yah. Skrol skrool.

Setelah itu anda harus membayar lagi 200rb untuk biaya tes. Hiks, mahal yahh.. hehe. Dan pergi lagi (ke gedung yang berbedaa doong) untuk melakukan tes rohani . Saya bingung kenapa harus puputeran begini. Dan tempat pendaftaran awal, tempat bayar uang tes, sama tempat tes nya berjauhan sekali lohh.. huehehee.. lumayan olahragaaa..

Sampai di ruang tes, anda diharuskan mengisi 580 soal. Gkgkkgg.. sabar sabar sabar, orang sabar pantatnya lebar..

image

Saya mengerjakan dalam waktu 1.5 jam. Tapi sebenernya gak ada batasan jam nya sih (asal jangan 24 jam aja kayaknya).

Contoh soalnya cuman menjawab setuju atau tidak setuju (sesuai kepribadian anda)
Ngisinya pakai balpoin saja.

Hasil akan selesay 3-4 jam.

image

………………

Alhamdulillah sudah selesay, apa ada yang kurang? Inshaa allah nanti di apdet lagi. Trimakasih telah berkunjung yaaaa

Wassalam

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s