Tips and trik tes seleksi cpns pemprov DKI jakarta

memaang, sayaa ga loloss pns dki 2013, memaang.. tapi ga lolosnya pas udah sampai tahap akhir loo.. yaa lumayan laahh.. huehee *miris*

mau berbagi ilmu dan info ahh, seputaran tahap2 seleksi bagi yang mau ikutan CPNS pemprov DKI tahun 2014 ini atau tahun 2015,2016,2017….sebelum jakartanya tenggelem,, kekekek😀

Okey, kita mulai. Sudah siaapp?

pertama. Pengumuman lowongan
Jangan nunggu lowongan cpns lewat ketika anda nonton rcti, tvri, atau nunggu nongol di bilboard jalan gede laksana iklan rokok membunuhmu. Nooo.. Anda tidak bisa bermanja2 nunggu lowongan pns terjambreng di depan mata anda, tp harus inisiatif cari sendiri. Ga smuanya dimuat di koran atau surat kabar pula.
Jadi dimana dong? sejauh ini akses termudah mendapatkan pengumuman adalah lewat website internet

Manfaatkan mesin serba tau google dengan keyword lowongan yg anda minati.
Misal ketik : lowongan cpns pemprov dki 2014, lowongan cpns 2014, lowongan pemprov dki, cara gampang masuk pns pakai duit, etc

Di tahun 2013, portal web cpns dikelola cukup baik dan informatif, yaitu di situs :
Http://rekrutmen.jakarta.co.id
Tinggal klik, smua info mulai alur-tatacara-download formulir-dsb lengkap disini.
Jangan lupa untuk mencari info formasi yg dibutuhkan dan kesesuaian dgn ijazah pendidikan anda. Jangan pernah mencoba melamar dgn tingkat formasi pendidikannya lebih tinggi atau lebih rendah.

Misal : pendidikan anda s1 biologi dan s2 teknik mesin – melamar untuk s1 teknik mesin—> maaf anda kepintaran, ga bisa doongg..ilmu 5 thn disamakan dgn ilmu 2.5 thn!
Atau : pendidikan anda s1 informatika belum s2 – melamar untuk formasi s2 informatika. –> maaf anda belum cukup ilmu… Ga bisaa dong..wong anda belum pernah bikin thesis!
Lalu : pendidikan anda s1 fisika – melamar untuk formasi s1 matematika –> doeng, maaf anda bisa baca kaann?, maksudnya meskipun anda sama2 dalam lingkup pendidikan sains murni, tapi ga bisa disamaratakan ( kecuali beberapa ada keterangan dengan garis miring , misal dibutukan s1 kehutanan/ s1 biologi –> nah baru boleh yaa..)

Nah setelah anda menemukan formasi yg dibutuhkan sesuai dengan latar pendidikan anda, berbahagialah…anda bisa melamar ke pemrov dki! yippiiii…..! Tapi kalau engga… Saya sarankan liat2 lagi di lowongan kementrian/ lembaga lain! Okeeyy! Cara cari infonya ya sama aja.. Ketik google
Misal : lowongan cpns bpom 2014
Atau banyak link di sosmed yg bisa membantu anda, search page di facebook : lowongan cpns. Hmm..anda ga punya akun sosmed ( sosial media)? Yahh..mungkin anda tinggal di timbuktu.

tahap kedua, seleksi administrasi
Setelah baca pengumuman lengkap yang biasanya ada no SK dan tandatangan pejabat yg berwenangnya, tulis dengan rinci syarat2 perlengkapan yg harus dikirim. Untuk pemprov 2013 diharuskan mengirim dokumen2 lewat pos, tapi instansi lain ada yg cukup mengunduh saja ( download) atau kirim via email. Jangan sampai anda lupa dimana letak kantor pos terdekat ya…

Untuk cpns pemprov dki 2013, perlengkapan nya diharuskan mengirimkan fotokopi ktp, lembar formulir yg diprint lalu diisi, fotokopi legalisir ijazah dan transkrip,paspoto latar blakang merah x lembar (lupa). fotokopi nilai toefl terbaru, etc .
Ingatt.jangan sampai ada yg ketinggalan! Ga peduli ipk and 2.2 , yang penting anda mengirimkan dokumen dengan lengkap! Dan jangan cule (curang) yee! Misal ipk cuman 2.8 anda rubah2 jadi 3.8, huee…. Ingatlah smua ada yg melihat🙂.
Ingat pula, jangan sampai ada yg ga diturutin! Misal, disuruh dikirim dengan amplop coklat ya pakailahh…jangan sampai sok jual pesona anda pakai amplop bunga2.
Kalau pas 2013 diharuskan kirim dokumen yg udah disusun rapih dlm map snechelter ( yg tengahnya bolong).. Hueee susah juga cari ni map, agak jarang… Ampe 3 hari baru nemu deh di tukang potokopi .. ( hiks. Kalau mengingat kembali perjuangannya ko saya jadi sedih lagi ga lolos😦 … Ah sudahlah).
Lakukan dengan rapih, runut, dan nurut.. Karena itulah syarat mutlak anda bisa lolos di tahap ini.
Alkisah temen saya ikut melamar juga bareng saya, tapi ternyata tidak lolos karena eh karena, lupa gak ngelampirim sertifikat ToeFL.. Wah sayang banget kan yaa..😦

Setelah masuk kantor pos, tinggal menunggu pengumuman selanjutnya deh sambil berdoa. Kalau saran saya sih, sambil berdoa dan belajar.. Karena kalau lolos kan langsung ujian. Jangan lupa beli buku di toko buku dengan judul : kumpulan tes cpns, tembus cpns, soal2 dahsyat tes cpns, dsb… Borong tuuu boroongg….

tahap ketiga. TKD ( tes kompetensi dasar)
Anda lolos ke tahap ini? Selamaatt eaaa! Berati anda diharuskan singgah ke salah satu kantor walikota di DKI. Waktu sayah, kebagian di kantor walikota jakarta timur yg subhanallah megah.
Alhamdulillah saya dan temen saya farid & syafrul lolos ke tahap ini. Deg2 an dan excited. Belajar dan mulai belajar menjajah soal2 yg mungkin keluar.

ada soal apa aja nih?
Di tahun 2013 kemaren, pemprov Dki salah satu yg sudah menggunakan sistem seleksi dgn CAT (computer assist test), yaitu tes dgn menggunakan sistem computer . Say baybay to pensil 2b dan penghapus di tes ini…:-)

Jenis soal ada 3, yaitu
1) tes intelegensi umum : numerik, bahasa, logika, sejarah dunia
2) tes wawasan kebangsaan : uud 1945, pancasila, pp,sejarah nasional
3) tes kepribadian : seperti apakah kepribadian anda? Anda sendiri yg bs menjawab!

Tes berlangsung selama 90 menit di depan computer yg telah disiapkan. Di computer tersebut sudah ada soal, pilihan jawaban (a-b-c-d), dan time keeper. Disediakan juga kertas buram untuk ngotret. Pensil untuk ngotret bawa masing-masing.

Contoh soal2 intelegensi umum: termasuk mudah trutama untuk hitungannya. Saya mendapat skor tertinggi diantara 2 jenis soal lain, isinya :
– deret hitung
– pola a b c
– volume bola, tabung
– logika sederhana
– bahasa indonesia : synonim, antonim
– sejarah dunia: yg masih inget ada sejarah rusia tentang lenin dan gorbacev ,,hueee
– sejarah : siapa penemu fossil pertama di indonesia?

Contoh soal2 wawasan kebangsaan : ckup jelimet karena kebalik2 pasal inih dan ituh.. Dan sejarah inih ituh. Hehee, di antara yg lain, jenis soal ini dapat nilai terbesar kedua.
Beberapa isinyaaa:
– uud 1945: pasal 32,33,34
– keluar pasal tentang pers. Asli beneran ga tau nih,, ngarang ajah waktu itu
– sejarah indonesia
– bpupki, ppki…: Nah ini harus molotok u know! Banyak bgt keluar!
– pancasila : lambang beringin artinyaa? Nah hapalin tuh arti 5 lambang pancasila

Contoh soal kepribadian : naaaahh inilah yg paling menantang! Sok-sokan ini soal paling gampang.. Pedee aja jawabnya, taunyaa hiks.. Nilainya paling jeblok diantara soal jenis A dan jenis B.. Huiii, senjata makan mandor!

Beberapa isinya:
Kamu harus menghadiri presentasi penting, sementara kamu dpt telepom anak kamu yg masih balita jatuh dan terluka di rumah, apa yang kamu lakukan?
A. Mewakilkan presentasi pd org lain
B. Menitipkan anak ke tetangga dulu lewat telepon
Dsb,,

Kamu punya banyak waktu luang, apa yg kamu kerjakan?
A. Pergi berlibur
B. Membaca buku
C. Mengerjakan tugas2

Hihii pokonya super dilematis, tapi katanya nih… Kita harus jujur mengerjakan soal begini, karena kalo bohong/ tidak sesuai hati nurani/ pgn kliatan bagus — keliatan kita ga konsisten dan hasilnya jelek. Katanya sih bgtu, hehee.. Jadi kalau kata komik kungfuboy, kerjakanlah dengan menggunakan mata hati eciyeeeee…. :-p

Oyaa, rekomended berat buat yg mau searching latian2 soal lengkap dan adet, beli aja paketnya di
Http://cpnsonline.com okeey😉 <—- ga digaji ngiklanin berginian LOL

….to be continued yaa….:-)

2 responses to “Tips and trik tes seleksi cpns pemprov DKI jakarta

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s