TIPS untuk melatih anak berbicara (Delay Speech)

PR dari dsa tumkem untuk delay speech (kasus DOEL karena kurang stimulus , keseringan ntn tv)

images

1) Latihan niup (niup balon sabun, tiup lilin, tiup trompet music, priwit mang parkir)- biar otot mulutnya kuat karena untuk berbicara butuh otot-otot, jadilah beli smua mainan yg pake tiup2 termasuk akordion (piano yg pakai tiup-tiupan)

2) Permainan/games yang mengasah otak seperti leggo, puzzle. Puzzle nya bertahap mulai dari yang sedikit sampai yang banyak

3) Sering-sering bacain buku, kalo bisa 1-2 berulang ulang sampai dia hapal

4) Berlatih nama nama benda, misal pake flash card bergambar

5) Pijat bagian atas bibir dan dagu pakai lotion

6) Belajar 5 kata per minggunya diulang ulang, ditulis di buku progress kata yang bisa dia ucapkan. Baiknya mulai katakata kosongan yang berawal B, D , P (yang hanya mengandalkan bibir)

7) Belajar mengucap nama-nama keluarga yg ada di rumah , dan anggota tubuhnya

8) Tidak boleh nonton Tv lebih dr 1 jam perhari

9) Dengarkan lagu-lagu anak-anak dan nyanyi bareng (saya puter di rumah dan ketika di mobil, Alhamdulillah ampuh)

10) Pakai 1 bahasa saja di rumah, jangan 2 bahasa karena makin bingung

11) Mulai latih untuk makan yang teksturnya keras (makanan dewasa umumnya) ,karena katanya kalo yg lembut2 melulu otot mulutnya ga kelatih

Hehee, sgini dulu kayaknya… Based on my true story smoga bermanfaat

lego~ bermain lego dapat merangsang fungsi kerja otak dan kreativitas ~

images (1)~membacakan buku merupakan cara efektif untuk melatih anak berbicara, menambah kosa kata baru, menambah ilmu pengetahuan bagi mereka, serta mempererat bonding orangtua dan anak🙂 ~

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s