Mari berKB!

My mother said..” silahkan mau punya anak berapapun ( 2 aja cukup;p), asal antar anak kasih jarak..”
And she said after i have my 2nd boi named zura..hihi- udah ga mau punya anak lagi koo kayaknyaaa ;p

Setelah dikaruniai anak kedua dengan jarak dengan anak pertama cuman 19 bulan, satu kata yg ingin saya racuuni buat semua wanita di dunia adalah… “ibuuuu ibooeee !!! Abis ngelahirin jangan lupa di KB yAH!!!”
kb apapun boleh.. Mau suntik, pil, atau iud.. Asal jangan pake kondom doang yaah ibuibu ( terbukti jebol pada diri sayah,hihaha).. Atau jangan cuman percaya : klo lagi masa nyusuin pasti KB alami.. Dont too much believe in with KB alami macam nyusuin atau sistem tanggalan karena ga amaan…

Saya percaya, kalo setiap anak adalah anugerah. Tapi punya planning ngelahirin anak di tahun berapa aja itu penttiing bangettt.. Oke kita flash back ke masa lalu,, saat itu doel ( my first son) usianya menginjak 7 bulan, sayapun dikasih mens pertama seusai lahiran.. Mulai deg2an, brati sudah subur lagi nih saya, musti hatihati kalo ada yg bercocok tanam bisa berbuah,hehee.. Saya… Yg dari usia doel 1 bulan udah di wantiwanti ibu saya untuk KB, tetep mbandel.. Ibu saya nyuruh cepetan pasang ( iud), atau suntik,, mau ke bidan kek, atau ke dokter.. Pikiran saya waktu ituu… Ga mau deh yg namanya dipasang iud.. Pasti di obok obok lagiii,, pengalaman 9 jam sakit mules ngelahirin doel bikin rencana kb gagal deuigagal deui,, pokonya mahh sangat percaya lah kalo durex yg beli rutin sminggu skali ini sudah cukup aman agar ga hamildun lagi.. Heuheu

8 bulannya doel…saya masih menstruasi alhamdulillah.. Mulai lebih hatihati kalo berhubungan.. Mulai ngitungin tanggal, nandain almenak, kapan aja si suami ga boleh datangin aku..hehee.. Oya di bulan juni ini saya menghadapi yg namanya sidang tesiss.. Alhamdulillah beressss dan loloooss dari teknik lingkungan itb dgn predikat memuaskan ;’) ( terharu badayy).. 9 bulan doel.. Si merah dtungguin kagak dateng- dateng..MULAI CEMAS.. Duh gusti, kenapa ya? Hmmm mungkin karena blom tratur ajaa yaaa.. Di bulan juli ini sayah alhamdulillah di wisuda kembali di sabuga.

Bulan agustus..bulan ramadhan.. Pertama kalinya puasa full sapu bersih ga bolong dalam 12 tahun terakhir ( sblom saya dikasih mens pertama kali).. Waduuuhhhh…. Alhamdulillaah seneng ga usah ganti. Tapiiii…… Ko telatlagiiii yaaaa??
Bulan september.. Perut udah ga braturan, muaaal, enek. Aku kira sakit maag.. Akhirnya teratur minum promaag, dan ga ngaruh,, mulai deg2an tingkat tinggi.. Yang paling ditakuti tentu saja ngomong sama ibunda, gmn dong klo ternyata hamil lagi? Harus bilang apa sama ibuku? Hikkss…
Akhir bulan ini akhirnya saya beranikan diri bli testpack dan nyoba.. Hiks.. 2 garisss….
Antara senang sedih dan stress.. Entahlahh.. Perasaan bercampur aduk karena merasa blom siap punya baby lagi,,. Selanjutnya periksa ke hermina, obgyn dr ana, udah kliatan janinnya, katanya udah mulai masuk 2 bulan..

Bulan bulan pertama kandungan sungguh menyiksaaa ( saya harap ini ga terjadi pd ibuibu yg punya sifat labil agak banyak seperti sayaah) , karena perang dingin ama ibu saya yg masih murka ngeliat saya hamil lagi … “ibu pengennya kamu beres kuliah fokus cari kerja, punya kerjaan yg bagus, wanita karier, baru hamil lagi. Makanyaaaa ibu bilaang juga apaaa…pakee kabeee..buruaan di kabeee! Jadi anak ga pernah nurut! Rasain sendiri! ” dan blablaa tiap hari perkataannya selalu samaa ( ampe skrg juga sih, masih aja sukaa disepettt) .. Akhirnya tiap kena marah slalu nangiss, ngerasa jadi org yg gagal ( karena ngliat temen2 eks s2 ku abis wisuda dah pada dapet kerja, sementara aku?) . Ngerasa bodoh dan nyeseeellll bangeeettt.. Pokonya depresi ampe punya pikiran ga mau ngelahirin ini bayi ( maapin aku Ya Allah,hiks)

Sampai akhirnya pasrah, tobat dan berpikiran positif untuk anak keduaku ini, sudah digariskan Allah begini. Ya jalani saja… Dan alhamdulillah lahiran sangat lancar diberikan allah.. Cuman 15 menit aja ngrasai mulesdahsyat nya ampe zura mungil nan ganteng hadir ke dunia.. Alhamdulillah wa syukurillah… Mengemban amanah baru sebagai org tua anak kedua per 7 mei 2012..

Seperti yg udah saya bayangkan, hehee.. Punya anak dua ituuuu.. Sibuuk sekalii.. Ga sbuk juga sih, hmm,, tapi melelahkan jiwa raga gitu yaa. Tapii… Alhamdulillah punya asisten yg sangat baik baikbaik, sabar, nurut, ga macem2.. ( klo ada predikat best asisten rumah tangga in the world kayaknya menang niihh! Hehe) , jadinya ga stress stress amat… Kalo bulanbulan awal stress nya masih level rendah,, zuranya masih doyan bobo,, doelnya baru lancar jalan masih ..yaa.. Mayan laahh.. Tapi makin lama tangan gurita ini makin heboohh,, slain ngurusin 2 anak, bisnis, juga les toefl, ditambah kerjaan baru sebagai dosen.. Subhanallah akhirnya dikasih sakit ama allah sebagai peringatan.. Bulan desember 2012 kena serangan maag, dan setelah sbulan bru tau saya kena gerd, bukan maag . ( semacam penyakit asam lambung yg tidak normal).. Menurut situs,, penyakit ini akibat pola hidup yg ga baik, sering bgadang, stress ( ini nih!!) , sering makan pedes dan ga sehat, kurang olahraga, abis makan langsung tidur, dsb.. Sampai skrg nulis ini masih berjuang agar si sakit ga kambuh lagii, mudah mudahan bisa sembuh total aamiiinnn..

Nah makanya, saya ngrasa nyesel dulu ga langsung di KB, buat ibuibu yg takut di Kb..ga usah takut.. Apa yg anda takutkan? Nyerinya ga seberapa dibanding sakit abis lahiran lagi, ga seberapa dibanding dijait lagi.. Hehee.. Pake iud juga ternyata ga sakity ( saya pakai iud pas 40 hari abis ngelahirkan) , pasangnya cuman 2 menit, dan ga krasa apa apaaaa…

Dan inilah manfaat yg saya gali dengam berKb ..cekibrot
1) kasih jarak antar anak minimal 3 tahun bermanfaat agar kebutuhan ASI si kakak terpenuhi dengan baik
2) dengan jarak antar anak, rahim ibu bisa dipulihkan dgn optimal
3) jarak antar anak yg baik melindungi ibu dari stress berlebih dalam mengurus dan merawat anak, karena amanah besar ini, so harus dilakukan dgn sbaikbaiknya ( jgn ngasal dlm ngurus anak)
4) mengurangi stress dan macam macam hal yg dpt menurunkan kesehatan ibu.. Terutama psikiss..
5) menambah waktu untuk financial planning.. Nabung dulu yg banyak baru punya anak lagi kan itu lebih baik,,Biaya lahiran ga muraahh..
6) mengurangi resiko kakak yg cemburuan dan akhirnya manja, ini terjadi sama doel, abis adeknya lahir, manjanya jadi over and over, dan cemburuannya ampe sering mukulin adeknya pake mainan ;(
7) minimal sebelom anak kedua atau ketiga lahir, anak sebelumnya dah disapih, dah bisa makan sendiri, bobo ga harus dikelonin, dan udah lulus toilet training ( pipis dan bab ke kamar mandi).. Jadi bgitu adiknya lahiran, anda ga harus pusing tujuh keliling ngurusin kakanya yg blom mandiri, atau pilihannya anda harus nyari bantuan dgn pake jasa pembantu rumahtangga yg kita tau sendiri pembantu jaman sekarang hampir jarang yg benarbenar sesuai yg kita mau…betuuul?!?!?!?
Dan lain sebagainya..

Okelah, smoga tulisan ini bermanfaat untuk smuanya, pesan intinya tersampaikan walupun kebanyakan curhatnya hihihihi
Wassalam,
Mama essa

20130201-112032.jpg
Dua anak sangat baik!! ( untuk sayah!! ) hihiiii

One response to “Mari berKB!

  1. Esaaa

    Ampun dh niat bgt ini blog
    Mengalahkan kampanye bkkbn😀

    Perjuangan ya saa
    Gw ga kebayang tuh rejeki zura dateng trus lo dituntun dgn titel S2 lo

    Wkt gw malah pas bisnis lg berkembang, dmarah2in katanya gw ngurusin bisnis mulu. Jd susah hamil😐

    Oya gw mu nanya nih : serius ga penasaran punya anak cewek? Seru bangeet loh😀

Leave a Reply

