ANALISIS RESIKO PAJANAN PARTIKULAT TERHADAP PEKERJA DI INDUSTRI PENGOLAHAN ACCU BEKAS SKALA RUMAH TANGGA, SERPONG BANTEN

PENDAHULUAN Proposal Penelitian

Wiedy Yang Essa 25309044- Magister Teknik Lingkungan ITB

Program Kesehatan & Keselamatan Lingkungan (KKL)

Latar Belakang Penelitian

Permasalahan lingkungan hidup saat ini telah menjadi masalah yang pelik, mengingat berbagai kerusakan alam dan eksploitasinya oleh manusia secara tidak bertanggung jawab terus meningkat. Pencemaran udara salah satunya telah menjadi bagian penting yang harus diwaspadai karena peningkatan kegiatan pendukung ekonomi serta transportasi manusia yang kian berkembang. Pencemaran udara ini tentunya dapat menimbulkan penurunan kesehatan dan kesejahteraan manusia, hewan serta tumbuhan (Cooper et al.,1994)

Partikulat dapat menyebabkan gangguan pada kesehatan manusia, terutama bila partikulat tersebut mengandung unsur-unsur kimia yang mengandung potensi bahaya, salah satunya adalah unsur logam berat. Partikulat berbahaya dapat ditemukan pada sebagian besar industri di Indonesia yang tidak memiliki sistem health and safety yang baik,contohnya adalah dalam industri skala rumah tangga.

Industri skala rumah tangga mengalami perkembangan pesat di Indoesia sejalan dengan pemodalannya yang relatif rendah, serta memiliki ketahanan yang lebih baik. Sensus ekonomi 2006 yang dilakukan oleh BPS, dari total 22,7 juta perusahaan di Indonesia, usaha mikro dan kecil (industri rumah tangga)  mendominasi  dari sisi unit usaha (99,1%) dan penyerapan tenaga kerja (84,4%) (Economic review, 2008).

Saat ini bisnis pengolahan accu bekas/aki bekas merambah tanah air,salah satunya di wilayah Serpong,Banten,  karena menjanjikan peluang usaha yang baik terutama untuk para pemain baru yang berminat memulai usaha. Dengan adanya ketentuan pemerintah dalam pelarangan impor-ekspor  limbah B3 (Bahan Beracun Berbahaya),  industri ini berkembang baik di tingkat lokal karena tak ada saingan dari luar negeri (Anonim2,2010).

Industri pengolahan accu bekas merupakan industri sektor informal yang memberikan dampak buruk terhadap kesehatan pekerja dan pencemaran udara. Debu yang berasal dari kegiatan industri tersebut dapat menimbulkan efek berupa gangguan fungsi paru-paru apabila melebihi kadar ambang batas dan pekerja terpajan dalam kurun waktu yang lama. Gangguan fungsi paru-paru juga  dipengaruhi oleh beberapa faktor yaitu umur, status gizi, riwayat penyakit paru, kebiasaan merokok, masa kerja, serta faktor tingkat pajanan debu (Matahari, 2009).

Serpong,Banten  merupakan salah satu kawasan sentra pengolahan accu bekas skala industri kecil. Pencemaran udara yang terjadi di daerah ini telah berlangsung lama, dilihat dari beberapa data penelitian yang menunjukkan fakta bahwa kadar Pb di  udara ambien dan kadar Pb di dalam darah beberapa anak sekolah telah melebihi nilai baku mutu. Sampai saat ini belum ditemukan solusi yang tepat untuk penanggulangan permasalahan tersebut karena berbagai kendala khususnya dalam mengidentifikasi jenis dan lokasi sumber pencemarnya sehingga dapat dilakukan tindakan tepat dalam mengeliminasi dan mengontrol sumber pencemar. Selain Pb, logam berat yang banyak terdapat pada debu industri pengolahan accu bekas adalah Sb(Antimon), Sn(Timah) , Se(Selenium), As(Arsen) , dan lain-lain (BATAN, 2009).

Oleh sebab itu, untuk mengurangi resiko kesehatan pekerja terhadap debu industri pengolahan accu bekas di wilayah Serpong, Banten ini diperlukan suatu upaya untuk mengenali dengan cepat  nilai  resiko pajanan debu terhadap kesehatan pekerja, sehingga dapat dilakukan upaya pencegahan sedini mungkin. Salah satu pendekatan ilmiah yang dapat digunakan untuk menentukan berbagai masalah lingkungan dan kesehatan di tempat kerja yang berhubungan dengan aktivitas yang berbahaya serta membandingkan berbagai teknologi dan efektivitasnya untuk mengurangi risiko adalah analisis risiko kesehatan.

One response to “ANALISIS RESIKO PAJANAN PARTIKULAT TERHADAP PEKERJA DI INDUSTRI PENGOLAHAN ACCU BEKAS SKALA RUMAH TANGGA, SERPONG BANTEN

  1. wah bagus nih info mengenai pengolahan aki bekas, kebetulan saya sedang menyusun tesis terkait dengan analisis valuasi lingkungan thd alternatif pengolahan aki bekas. mohon info lebih lengkapnya mba..

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s