ABSTRACK TA SAYA

“REMEDIASI AIR LIMBAH DARI IPAL BOJONGSOANG DENGAN MENGGUNAKAN TANAMAN AIR Ceratophyllum submersum L.”

submerged aquatic plant, Ceratophyllum submersum

submerged aquatic plant, Ceratophyllum submersum

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas tanaman air Ceratopyllum submersum L. dalam mereduksi kadar nitrogen pada air limbah domestik dari IPAL Bojongsoang. Perlakuan dengan variasi kepadatan tumbuhan dan penambahan probiotik simbiosis mikroba (SIMBA) telah dilakukan, yaitu S-1 (tanaman tidak padat, non SIMBA), S-2 (tanaman padat, non SIMBA), S-3 (tidak padat, SIMBA),  S-4 (padat, SIMBA) dan sistem kontrol (tanpa tanaman dan SIMBA). Air limbah dari IPAL Bojongsoang dibiarkan dalam masing-masing sistem dengan waktu detensi sepuluh hari, di rumah kaca SITH ITB. Perlakuan diulang sebanyak enam kali. Parameter-parameter yang diukur adalah kadar amonium, nitrit, nitrat, suhu air, oksigen terlarut, pH air, Biological Oxygen Demand (BOD) dan pertumbuhan dari Ceratophyllum submersum. Penurunan kadar amonium pada S-1, S-2, S-3 dan S-4 berbeda nyata dengan sistem kontrol (p<0.05). Laju penurunan amonium tertinggi terdapat pada S-4 dengan nilai 0.36 ± 0.44 mg L-1 hr-1 dan laju terendah pada sistem kontrol dengan nilai 0.03 ± 0.76 mg L-1 hr-1. Laju penurunan nitrit tertinggi tercatat pada S-4 dengan nilai  0.036 ± 0.30 mg L-1 hr-1dan penurunan terendah tercatat pada sistem kontrol dengan nilai -0.315 ± 0.49 mgL-1hr-1. Kadar nitrat pada keseluruhan sistem meningkat sampai akhir percobaan. Pengukuran BOD menunjukkan penurunan, dengan penurunan tertinggi pada S-4 sebesar 35% dan terendah pada sistem kontrol yaitu sebesar 22.5%. Pertumbuhan Ceratophyllum submersum L. tertinggi ditunjukkan pada S-4 dengan nilai 50% dan terendah pada S-1 yaitu sebesar -13.51%. Penelitian ini pada skala laboratorium, dapat disimpulkan bahwa Ceratophyllum submersum telah menunjukkan kemampuan sebagai agen bioremediasi untuk menurunkan kadar nitrogen dalam air limbah domestik dari IPAL Bojongsoang pada skala laboratorium.

Kata Kunci : Ceratophyllum submersum L., IPAL Bojongsoang, Nitrogen, Bioremediasi

TANDA TERIMAKASIH TAK TERKIRA untuk : Dr. Noorsalam R. Nganro dan Moekti Ariebowo,M.Si🙂

7 responses to “ABSTRACK TA SAYA

  1. wah akhirnya ada juga abstraknya. ditunggu nih…

    mau tanya ya teh:
    1.sebelumnya teteh dapet ide dari mana kenapa memutuskan pake Ceratophyllum submersum ini, apa dah diketahui sebelumnya kalo tanaman ini bisa untuk degradasri polutan atau gimana?
    2.nama umum tanaman ini apa teh? dan beli dimana kalo pengen punya?
    3.kenapa parameternya nitrat, padahal dalam parameter air limbah, yang biasanya di cek itu nitrit bukan nitrat?
    4.wadah penumbuhan Ceratophyllum submersum-nya berupa apa? wadah biasa? boleh tau detailnya gimana?
    5.perbandingan antara jumlah Ceratophyllum submersum dan air limbah supaya proses optimal?
    makasih yah. menarik sekali nih…

  2. penelitian yang bagus bu. saya mau tanya, kenapa hanya limbah domestik? bagaimana dengan limbah yang lainnya seperti limbah karet atau limbah sawit, udah pernah dilakukan penelitian? untuk kadar BOD sendiri, pernah dilakukan penelitian lebih lanjut ga? mengingat metode BOD yang kita pakai mengadopsi dari negara lain yang notabene punya iklim yang bukan tropis?

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s