LETS ECO-DRIVING!!

GAYA SANG SUPIR ANGKOT (kebanyakan,red) :

1. Berhenti sesuai kata “kiri” yg berbunyi (baca: seenaknya)
2. Berhenti kalo liat org berdiri d pinggir jalan lalu nglakson dan ngajak naik (baca: gandeng)
3. Berhenti di pinggir jalan dengan waktu minimal 5 menit (baca: ngetem)
4. Sradak-sruduk di jalanan, kadang rapat kanan,rapat kiri, justified,bergaya seperti truk ngangkut domba,bukan manusia (baca:tak beradab)
5,6,7,8….. 333.568

Agak kebayang ga kalo gaya nyetir kayak gitu bukan hanya nguji kesabaran tapi juga BOROS ENERGI??
saatnya kita berpikir bahwa energi yang dikeluarkan ketika kegiatan menyetir itu ga murah. Mungkin bagi sebgian besar org harga bensin saat ini masih terjangkau,tapi siapa yg tahu untuk 50 thn mendatang si fosil sudah terkuras dan ketika mau menggunakan energi terbarukan kita juga belum siap?? Ini bukan masalah duit dan berapa isi kantong kita untuk membeli bensin, tapi berpikir jauh bahwa bensin adalah energi konvensional yg bakalan habis, so kalo kita bisa menghemat dari sekarang, kenapa engga??

Solusi yg paling mudah memang gunakan kendaraan yg ga perlu bensin, kayak sepeda, skate board, becak, betrix, sepatu roda, gerobak,dsb.

Tapi ga semua org bisa lepas dari yg namanya kendaraan,karena ga mungkin dong, kita keluar kota naek skuter?? =p

Nah, Salah satu langkah penghematan energi adalah kita pake cara eco-driving! Menurut survey di eropa sana,eco driving terbukti bisa menghemat 20-30% penggunaan bahan bakar skaligus mengurangi emisi gas buang,polusi udara dan angka kecelakaan.

Gimana sh caranya??
1.jgn manasin mobil lama2..5 menit cukup..
2.begitu mesin nyala,jgn lgsg ngebut.tunggu 5 detikan untuk mncapai 20 km/jam
3.nyetir dgn kcpatan konsisten,atur pd kcptn tetap.
4.jgn ngebut! Krna negbut membuang 33% bensin di jalan tol dan 5% di lalu lintas kota
5.kendarakan mbl di gigi tinggi saat kcptn rendah.gigi transmisi tinggi lebih hemat bhn bakar!
6.hindari pemakaian mbil untuk jarak2 dekat.. naek angkot aje guys!!
7.rawat kendaraan teratue dgn tune up dan jgn biarin ban kurang angin
8.matikan mesin klo nunggu lebih dr 30 detik.
me-RESTART trnyta lebih sedikit mnghbskan energi dibanding kalo nganggur 10 detik!!
9. Tukar gigi ke netral kalo berhenti di lampu merah
10. Usahakan menginjak gas seminim mungkin, jangan terlalu cepat menekan gas dan hindari menggas tiba2
11. rencanakan rute tujuan mu!! pergi ke tempat yang terjauh dulu, dan antisipasi jalur jalan
12. Dsb.. Ada lagi yg mau nambahin??

So..buat para pengendara mobil..
Cmon kita jadi eco driver’s lisence!!

menyetir juga harus ramah lingkungan!!

menyetir juga harus ramah lingkungan!!

One response to “LETS ECO-DRIVING!!

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s