APAAN SIH??

KEMENTRIAN PENDIDIKAN DAN KEILMUAN KABINET KM ITB 2008-2009

KEMENTRIAN PENDIDIKAN DAN KEILMUAN KABINET KM ITB 2008-2009

GANESHA HIJAU?? APA TUH?

Ganesha Hijau adalah sebuah program kerja dari Kementrian Pendidikan dan Keilmuan (P&K) Kabinet KM ITB 2008-2009.

Program ini direncanakan  untuk terus berkelanjutan dengan visi misi mengembangkan dan memberdayakan seluruh elemen kampus untuk bersama-sama menerapkan gaya hidup bersih yang melestarikan alam

APAKAH SEPERTI SEBUAH UNIT BARU?

Bukan, Ganesha HIjau seperti komunitas “Lingkar Hijau” dimana LSM-LSM dan komunitas lain yang bergerak dan memiliki ketertarikan dengan isu-isu lingkungan berkumpul. Begitu juga Ganesha Hijau, yang berupaya menjadi “payung” untuk menaungi elemen-elemen mahasiswa ITB yang tertarik terhadap isu lingkungan seperti U-Green, Nymphaea, HMTL dan HIMATEK, namun tidak juga tertutup untuk himpunan dan unit lain yang ingin bergabung. Tujuan akhirnya adalah ingin menyebarkan virus “cinta lingkungan” secara menyeluruh dengan kontribusi masa kampus yang lebih luas.

BAGAIMANA AWAL TERBENTUKNYA?

Ketika ada suatu kegiatan kampanye Hari Air Sedunia dan bekerjasama dengan suatu LSM Internasional yang diorganisir oleh HMTL, U-Green, Nymphaea dan LFM. Setelah itu kegiatan berlanjut dengan kampanye penghijauan di bekas Tempat Pembuangan AKhir (TPA) Leuwigajah dan juga pelatihan guru-guru PL (Pendidikan Lingkungan) di Kota Bandung. Semakin jelas dirasa, bahwa koalisi atau gabungan dari elemen-elemen tersebut selain menambah kekerabatan serta pertukaran ilmu dan informasi mengenai lingkungan, juga dengan bergerak bersama-sama,akan terasa lebih efektif dan menyenangkan, serta turut menyebar virus “cinta lingkungan” dengan lebih cepat karena kita harus berlomba dengan kerusakan lingkungan yang terjadi dari waktu ke waktu secara cepat pula.

Selain menjadi payung dan wadah bagi rekan-rekan yang ingin berkegiatan di bidang lingkungan, Ganesha Hijau juga memilki MISI setiap tahunnya, dan misi untuk Tahun ini adalah :

ITB= ZERO WASTE’

“Mewujudkan ITB sebagai kampus berwawasan lingkungan yang pengelolaan sampahnya optimal dan perilau masyarakatnya minimum limbah

KENAPA HARUS LIMBAH/SAMPAH?

Masih ingat sebutan Bandung sebagai Kota Sampah dimana di setiap sudut kota ditemukan gunungan sampah yang bau, menjijikan, jorok, merusak keindahan dan mengundang lalat?

Kehidupan kita memang tak apakn pernah lepas dari yang namanya

sampah, karena setiap hari kita pasti memproduksinya, entah itu dari kegiatan makan,minum, serta konsumsi lainnya.

Lalu sampah itu kemudian tidak ‘diperlakukan’ dengan sebagaimana mestinya sehingga menimbulkan banyak parmasalahan yang muncul.

Pro-Kontra masalah PLTSa juga sudah merebak di Kota Bandung ini, dimana Bapak Walikota berencana melakukan pembangunan PLTSa di daerah Gedebage. Kesimpulannya adalah PLTSa yang memakan biaya sangat besar dan boros bahan bakar itu tidak MUTLAK didirikan apabila pengelolaan sampah yang dilakukan oleh tiap individu di Kota Bandung sudah baik.

BAGAIMANA CARA MENGELOLA SAMPAH YANG BENAR??

**Selalu PISAHKAN SAMPAH sebelum membuangnya!! Minimun lakukan 3 pembagian sampah berdasarkan jenisnya yaitu :  Sampah ORGANIS untuk sampah yg dapat membusuk misalnya sisa makanan; NON ORGANIS untuk sampah yang susah membusuk yaitu bahan-bahan plastik, kaleng, kaca, PVC,dsb; serta sampah KERTAS untuk macam-macam kertas,tissu, karton,dsb.

**selalu lakukan 3R dengan tahapan :

1.   REDUCE : kurangi pemakaian bahan-bahan yang susah membusuk dan di daur ulang, misalkan : Air mineral botol, snack berbungkus plastik, dsb

2.REUSE : gunakan kembali barang/benda yg masih dapat dimanfaatkan

3.   RECYCLE : Daur ulang sampah yang kamu hasilkan! Sampah Organis dengan cara mengompos (mengubur, lubang biopori atau keranjang takakura) dan mendaur ulang botol-botol plastik dan kaca.

JANGAN PERNAH :

*MENGUBUR sampah-sampah non-organis apalagi yang mengandung B3(bahan beracun berbahaya) misalnya batu baterai

*MEMBAKAR sampah karena akan menghasilkan gas beracun berbaya yaitu dioksin

KARENA SAMPAH MERUPAKAN TANGGUNG JAWAB KITA BERSAMA, KARENA BUMI MILIK KITA SEMUA

saran/kritik : ganesha_hijau@yahoo.com

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s