Rasanya melahirkan..(2)

Ruang melahirkan ternyata tidak seseram yang saya duga, kamarnya ga jauh beda sama kamar rawat inap. ada kasur, soffa, kamar mandi dan TV. sebelum tiduran, saya harus ganti baju rumah sakit dulu. bajunya warna hijau. Suster pun menawari saya makan. “mau makan siang bu?” “mau dong sus!”-kata saya cepet. “mau cumi dan sop baso ya!”(ojol2 nawar… emang gwa lagi di restoran apa.. wkwkkw)… tapi krena saya pesan kelas utama si suster meng-iyakan. “baik,bu..”

Sendirian beberapa saat, kemudian bapak saya datang dengan wajah (lumayan) pucat. :”essa, kumaha?” kata bapakku. “Gpp pak, tinggal nunggu aja, ini udah bukaan 1 kata dokter..” “oh iya atuh..“.  Makanan datang, saya pun isis perut dulu. ni makan harus banyak nih, biar tar ngedennya sukses, banyak tenaga! makanan pun habis pleus pisang 1 biji dan es teh manis segelas. Perut masih ga berasa apa2, lalu suster masuk untuk ngetes detak jantung si ade.

Jam 4 sore.

Papah dan ibuku dateng. agak telat emang, soalnya ke rumah dulu ambil koper perlengkapan. Suster datang untuk cek bukaan dengan tangan. “bukaan berapa sus?“-kataku tegang. “Baru bukaan 2.. kata dr anna dicoba induksi ya.”

EWW.waduh. INDUKSI. menyeramkan. kata2 teman2 yang udah pernah induksi sakit dan kontraksinya naik jd berkali lipat. tapi karena kasus saya air ktuban tinggal sedikit, dedek haru segera dikeluarin, perlu induksi agar lebih cepat bukaannya. Bismillah aja. Saat itu saya pake induksi balon yang dimasukkan ke dalam vagina. Ga terlalu sakit. ALhamdulillah, kataku.

Setiap 30 menit suster datang untuk mengecek bukaanku. Yang dateng susternya beda2 lagi, jadi sebel nih punyaku diumbar-umbar. heuhue, tapi mungkin suster2 itu lagi pada belajar dan praktek juga (skali dtg bisa 34 org suster, 1 nanganin yg laen liatin).. yah untung aja yg liatin cewe, kalo cowo udah gwa sinisin. wkwkw..

Perut masih biasa, kontraksi juga masih normal, entah kenapa. nyut nyut ada tapi sedikit. setelah magriban, si papah buka puasa. abis itu ngelus2 paha ku lagi yang emang agak menegang.

Nahh, setelah papa buka puasa itu..”NYooott Nyooottt” si obat kayaknya baru beraksi! Gustiii… Sakitnya ternyata kaya lagi mens.. tapi berkali kali lipatnya.. saya nyuruh si papah untuk meluk, biar agak mendingan. sakitnya tapi baru 20 menit skalian. jadi, 1 menit meringis. 19 menit lagi twitteran+facebookan+nonton tipi..hahaha…oya makan juga deng :p

jam setg.8 malam

suster kembali mengecek. “bukaan 4 bu..” katanya. “kata dokter anna tambah lagi induksinya ya, pake infus” WADUH! “iya biar cepet ya bu.. sabar ya…” Ya Rabb.. tadi induksi balon aja dah lumayan, ini bagemana ya?? ah bismillah ajaa…. selang infuspun tertancap di tangan kiriku.

Jam 8 malam…

Perut rasanya seperti dipukul-pukul palu dari dalem.. sakit skali.. dan sakitnya makin sering…jadi baru juga nahan sakit dengan giigit anduk or megang pegangan kasur, hela nafas sebentar, dah sakit lagi. suster makin sering ngeceknya. “Udah bukaan 5 bu, sebentar lagi ya..” katanya. Aduuh bener nih sebentar lagi, kapan yaa… pikiran mulai ga sabar, sakitnya bikin merana.. Ya Rabbb, udahan doong.. jeritku dalam hati.. tapi tetap mencoba tenang…

Jam 9 malam

puncaknya sakit.. kata suster sudah mulai bukaan 6.. sakitnya kayak sakaratul maut (mungkin ya), udah nyakar2 tangan si papah, ngerems remes punggung dan perutnya,, udah gonta ganti posisi di kasur, tetep aja.. dipijitin sama bapak mertua dan ibu, tetep ga ngefek.. suster ngingetin buat olah pernafasan tiap kontraksi..“dedeknya dah mau cari tempat keluar tuh bu, makanya sakit.. sabar ya bu..” .. mencoba tenang… istigfar.. tapi lama2 ko ga tahan yaa…” Ibu..ibu..panggil susternya… cepetaaann..” kataku pada ibu. Suster datang lagi ” kenapa bu wiedy?“, katanya. “Sus…tolong suss…saya dah ga tahan sus,, oprasi ajaa, ya..yaa..yaa...” kataku memelas. eh, si suster malah melotot!

“ibuu.. itu di sebelah udah 2 hari di induksi masih aja bukaan 3 bu, ini ibu dah mau bukaan enam, dikit lagi! ayo smangat bu, oprasi lebih sakit! pokonya ibu yang tenang, kalo ga tenang malah tambah sakit ya bu! lagian ini anak pertama ya bu, anak pertama pasti sakit begini, kalo anak kedua nanti tinggal bersin aja dah kluar..”

Wkkwkw.. di cerocos si suster muda (kayaknya lebih muda dr saya, pasti blon nikah deh..hehe), saya tersenyum tipis. Iyahh.. harus tenang.. Mudahkan Ya Rabb… si papah dan ibu nyemangatin terus dengan muka mereka yang pucat..”pokonya jangan oprasii saa, sakitt udahnya...” kata Ibu. Iyaa,, iyaa..harus sabarr yaa..sebentar lagii…

Akhirnya penderitaan berakhir, jam setg 10 malam suster menyatakan sudah bukaan 8. Kontraksi dah berkurang, sudah mulai agak lega… ALhamdulillahh…kataku. tapi nambah penderitaan baru, nahan ngeden. waduuh, itu udah kayak ada feses segede gunung di ujung pantat, tinggal dikeluarin crooottt.. tapi ga boleehh….. huaaaa makanya pantat dikepittt, paha dikepiitt,, tahaann tahaann…. saya skranag dah mulai bisa tersenyum.. Alhamdulillah mending nahan begini ya daripada sakit tadi…

sus, dokter anna nya manaa? dah bentar lagi kan nih??

“Iya bu, lagi di jalan..abis praktek dari hermina arcamanik..”

GUSTII!!! langsun cemas.. ini sapa yang bakal bantuin sayaa.. huhee.. ” bentar lagi ko bu, lagian ini dah malem jalanan juga ga macet..”

Smoga saja… Ya Allah, berikan yang terbaik..

Saat-saat bukaan 8 sampai 9 ini saya mendengar di ruangan sebelah teriak teriak penuh frustasi “itu siapa sus?mau lahirna juga?” “iya bu, tapi histeris gtu, malah tambah sakit kan itu bu..” Aku menghela nafas lega, alhamdulillah, aku ga sampai histeris dan teriak2 ga jelas gtu…

Bukaan 10, jam 11 malam!Bukaan sudah lengkap!

DOkter anna datang! “hallo bu wiedy.. yuk ngeden yukk”. ngelihat dr, anna pake sweater ungu nyantai itu berasa ademm sekaliii… senyumnya bikin tenang, bentar lagi nii.. bentar lagiii saaa!! . Yang dibolehkan jaga cuman 1 orang, diputuskan si papah yang nemenin (biar tau ya akibat perbuatannya!! hahahaha LOL!).

Prosedur selanjutnya:

1) suster mendekati dan nyuntik paha kiri saya dengan cairan

2) dr anna bilang : dirobek ya, lalu terdengar bunyi “Krekkk”, yap itu suara gunting sedang merobek! tapi ga kerasa apa2…

3) “ayo ngeden bu..” saya ngeden 4 kalian dann…“Eaaaaa…Eaaaaaaaaa….!!!!” suara tangis bayii kenceengg banget terdengar.

Saya masih belum percaya, melongo. Oh, udah? ini Udah??.. saya terdiam beberapa saat sampai akhirnya tertegun oleh tangisan suami..“deekk.. itu dd doel dek..udah lahir…alhamdulillaahh….” ku lihat air matanya menetes deras..

Saya masih cengo. Oh ini teh, udah? Ya Rabb, udah?? alhamdulillaahh alhamdulillaahhhhh… saya pun akhirnya meneteskan air mata bahagiaa…. mana anakku..manaa….

dede doel dibersihkan dulu, lalu ditengkurepin di dada mama. eaa..eaaa.. katanya lemah. lucuu, mungil dan meraahh sekali… tapi kok kukunya panjang ya kayak macan, hahaha.. dan idungnya pesek kayak mamanya yah..wkwkw.. kulihat bagian tubuhnya satu per satu sambil IMD,,,alhamdulillah smua bagian tubuhnya lengkap, sehat, itu yang penting…

puji syukur kepada Allah atas anugerah tak terkira ini,,, akhirnya saya punya temen main baru, temen bobo baru, temen begadang baru!! hehehee :)

Namanya ALFATIHAH ABDUL MUTTAQIEN alias enduy anak solehh :D

-SELESAI dehhh

 

ditengok tante2 cantikk, maacii :-*

11 responses to “Rasanya melahirkan..(2)

  1. gw pernah jg sis ngalamin induksi balon, audzubilahhhhhhhh sakitnya, pasrah deh lgs sesar, DONE!!! Perjuangan seorang ibu tak bisa diungkapkan dengan kata2….

  2. Wahhhh aq suka bgt ama tulisan bunda wiedy,,, seru,,, subhanalloh,,,, berarti di rsia hermina gak sll cesar ya? Kan gosip nya sll cesar dan gak sabaran. Aq skrng lg hamil 6bln dan kebetulan dr.Anna juga, dngr cerita bunda, aq jd agak tenang, thanks ya bun.

  3. Subhan Allah saya terharu bacanya.
    Saya sdg hamil anak pertama, 36 minggu skrg. Membayangkan saya akn mengalami proses melahirkan utk pertama kali pastinya deg2kan bgt. Ga kerasa sebulan lg/ mungkin krg. Minta doanya ya dr para mommies semoga persalinan saya bisa normal/ alamiah, dimudahkan prosesnya, dilancarkan & dikuatkan. Amin amin amin :)

Leave a Reply

