Perlengkapan umrah

Seorang sahabat yang berencana melaksanakan ibadah umrah bulan ini, bertanya mengenai barang-barang apa saja yang harus dibawa untuk menunaikan ibadah suci ke Tanah Mekkah.
Berikut list yg masih saya ingat untuk dibawa.. (sebagian besar untuk muslimah loh yee)
persiapan barang pribadi untuk umrah 9 hari
1. pakaian atasan 9 *
2. pakaian tidur 2
3. rok dan celana 3
* utamakan putih-putih, karena warna suci dan tidak menyerap panas
4. sepatu haji putih (pilih yang ringan agar nyaman )
5. kantung sepatu
6. tas pinggang atau tas selempang yang masuk mukena, tempat minum dan sepatu (buat ke masjid, buat tawaf dan sai, karena susah jika menitipkan sepatu di kotak penitipan masjid, mengingat masjid nya sangat besuar )
7. sendal jepit swallow
8. masker secukupnya
9. jaket untuk di bis AC dan di pesawat
(perjalanan bis – 6 jam, perjalanan pesawat- 9 jam)
10. minyak kayu putih, balsem, obat-obatan
11. vitamin C (biar tetep bugar.. dulu saya bawa redoxon)
12. mukena
13. handuk kecil, tisyu basah (keringetan)
14. topi dan kacamata hitam (panas!!)
15. payung
16. kaus kaki 5
17. pakaian dalam — cd 10 bra 3
18. sajadah (untuk solat di hotel (misal) atau di jeddah yg jauh dr masjid)
19. JANGAN bawa gunting, gunting kuku, silet, parfum,
atau yang berbentuk cairan ke dalam tas gendong, masukin aja ke bagasi
20. perlengkapan kecantikan (terutama sunblock, krim wajah biar ga kering dan lipgloss!)
21. keresek secukupnya (buat cucian kotor)
22. tas plastik yang bisa dilipat, suka dijual mamang2 di pasar baru thea (buat nyimpen oleh2..hehe)
23. tempat minum (buat ngisi air zam-zam dr masjid)
24. kipas (buat kipas2 kalo lagi tur kota)
25. sabun, odol, shampoo,sikat gigi, dsb (karena perlengkapan mandi dr hotel biasanya sedikit sajah)
smogah bermanfaat dan menambah kekhusyuan ibadah umrah :-)
“Labbaikallahummalabbaiik..”
~inginnya ke rumahMU lagi ya Rabb,kali ini ingin bersama suamiku.. smoga dimudahkan jalan dan rezekinya, aamiinn ~

20130819-015014.jpg

33 responses to “Perlengkapan umrah

  1. Alhamdulillah, Terimakasih masukan nya..sangant berguna untuk saya yamg berencana umroh, insha Allah..semoga Allah SWT membalas kebaikan Wiedy..amiin yaa Rabbal alamiin…

  2. dear mba wied…….
    klu untuk kerudung apa blh warna2 selain putih ya, apa sebaiknya bergo semua terima kasih infonya krn sangat membantu

    • betul skali, biasanya 2 helai kain ihrom, 1 dipakai umrah pertama, 1 untuk umrah kedua atau cadangan bila sobek, kotor dsb. selainnya jika ke masjid pakai pakaian biasa saja (lebih baik berwarna putih) trims :)

  3. terimakasih mba wiedy info nya. sangat bermanfaat buat saya dan suami yang insya Alloh berencana umrah. Jazakumulla khairon khatsiraa….

  4. assamualaikum…mba..klu mau beli2 perlengkapan umrah sprt ikhrom bj koko dll..d bdg dmn..jkr dmn ya…ma kasih

  5. Saya emang lagi cari2 info mengenai hal ini. Terimakasih sekali mba. Semoga bermanfaat buat yang lainnya yang berencana umroh. Doakan semoga perjalanan umroh saya lancar mendapat barokah dan rahmatNya. Amie..ya robbal ‘alamin.

  6. alhamdulillah, dapet jg akhirnya info nya.. trima kasih banyak ya.. smg Allah membalas amal jariah ini..n doakan kami spy perjalanan umroh saya yang pertama dan bersama kluarga kecil saya bs berkah dan dirahmati ALLAH SWT Selamat mulai dr berangkat hgga kembali ke tanah air.. Ammiieennn YRA

  7. Allhamdulillah, kebingunganku terjawab, trm kasih banyak, Allah pasti kelak membalas kebaikan mba…. aku ingin kesana lagi bersama anakku dan orang tua beriman yg peduli pd kebersihan rumah n halamanku ….baba Jairan, muazim musolla yg tak letih mengajakku menghadapnya …..Allahu akbar…..

  8. Terima kasih atas infonya miss wid. Insyaallah saya jadi bisa arrange kira kira apa saja yang harus dibawa saat umrah. Insyaallah selamat ketika berangkat dan pulang.

  9. Pakaian atasan maksudnya yg gimana tuh? Klo gamis gmn mbk? (-͡. •͡)(y) ♡[τ̲̅н̲̅a̲̅и̲̅κ̲̅ ч̲̅o̲̅u̲̅]. Atas infonya..

  10. terima kasih infonya, lagi siap2 juga nih, apalagi blom pernah ke tanah suci sama sekali, Insya Allah ada rencana brkt 14 maret 2013 bareng ayah ibu, smg diberi kemudahan dan ridhoNYA, kesehatan, rejeki dan kembali dengan selamat

  11. alhamdulillah, terimakasih infonya mbak…jadi kebayang deh apa aja aja yg harus dibawa saat perjalanan umroh :) *indahnya berbagi*

  12. Alhamdulillah…. terima kasih mbak wiedy atas informasinya… semoga kebaikan mbak dibalas oleh SWT. Aamiin YRA

  13. ‎​. ‎​آمِّينَ يَ رَ بَّلْ عَلَمِيّنْ … Nuhun ya teh…mohon doanya jg,bsk tgl 21 mau berangk sekeluarga,teh pk travel ak aj murah pisan teh(maksudnya travel yg aku pake:p)
    Salam
    Ayi

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s